15 Tips Mendidik Anak Supaya Pintar Atau Cerdas

www.seratu.com
ilustrasi

Memiliki anak yang pintar atau cerdas memang sangat di dambakan bagi orang tua yang tentunya akan memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain saat dewasa nanti dan tentunya banyak upaya yang dilakukan orang tua untuk memperoleh anak yang pintar atau cerdas diantaranya sebagai berikut : 

1.Beri ASI Sampai Umur 2 Tahun
Pemberian ASI memang sangat bagus untuk pembentukan pertumbuhan otak dan kekebalan bayi. Ingat supaya sang Ibu ini juga mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang supaya asi yang diberikan sang bayi lebih berkualitas.
 
2. Mengikuti Rasa Keinginan Tahunnya
Sudah menjadi sifat dimana saat si kecil selalu ingin tahu dengan hal baru dan merupakan hal positif untuk perkembangan otak dan peran keluarga sangat perlu untuk mendampinginya, mengarahkan dan memberi pengertian supaya rasa keinginan tahunnya bisa ke arah yang positif.

3. Bermain Game Edukasi
Pemberian game ini bertujuan mengasah dan merangsang otak agar tumbuh dengan baik bisa dengan tebak gambar, tebak huruf, puzzle dan lain sebagainya.

4. Sering Mengajak Komunikasi
Mengajak anak berkomunikasi tentunya dengan bahasa anak kecil akan memberi dampak yang positif pada perkembangan otak juga beri kosakata yang baru dan hal yang positif seperti Assalamualaikum, terimakasih dan lain sebagainya.

5. Memberikan Pena Dan Buku
Anak kecil paling suka dengan hal yang baru dan juga mudah bosan dan pemberian buku dan pena bertujuan agar anak tersebut mengenal dan tentunya bisa coret-coret dengan sesukanya dan ini pun cenderung mudah bosan dan beri pena dan buku pada besoknya lagi dan kerap ulangi hal ini.

6. Memberikan Cerita
Hal ini memang terdengar klasik namun sangat banyak sekali manfaatnya seperti bisa menambah kosakata, kedekatan dengan sang ayah atau ibu lebih baik dan usahakan memberikan cerita yang memberikan budi pekerti yang baik dan banyak juga banyak mengandung kecerdasan emosional.

7. Mengenalkan Pada Alam
Bermain di luar rumah juga penting didalam membentuk anak cerdas, ini dikarenakan di alam pastinya banyak hal baru dan tentunya mengenalkan hal baru tersebut dapat memberi penambahan mengenali barang atau objek baru dan hal ini bisa dilakukan di tempat wisata atau sejenisnya.

8. Hindari Stres Pada Anak
Stres pada anak terjadi karena rasa takut, malu, minder dan lain sebagainya dan hal ini tak baik untuk perkembangan otak, bila hal ini sampai terjadi maka kawal atau dampingi anak untuk menyelesaikan rasa stres bisa dengan komunikasi dan usahakan menyelesaikan hal tersebut sampai tuntas.

9. Berikan Suasana Yang Nyaman Dan Tenang Saat Belajar
Saat anak sedang belajar berikan waktu yang cukup dan berikan tempat yang nyaman, juga matikan hal-hal yang bising seperti mematikan TV, Radio dan jauhkan HP agar anak tersebut bisa fokus dan sebagai orang tua harus siap disaat dimintai masukan dan lain sebagainya.

10. Berikan Waktu Tidur Yang Cukup
Di usia pertumbuhan waktu istirahat sangat penting karena di usia itu semua organ mengalami pertumbuhan khususnya otak karena di saat tidur proses perkembangan biakan organ tumbuh lebih bisa cepat dan maksimal.

11. Berikan Contoh Positif Pada Anak
Di usia anak-anak cenderung suka mencontoh entah itu hal buruk atau baik dan itu semua akan di tampung di otak juga akan diterapkan dalam kehidupan keseharian-ya, maka dari itu usahakan memberikan hal contoh yang baik dan cerdas, untuk jangka panjang dapat memberi pola pikir yang baik dan bijaksana terhadap anak tersebut.

12. Membatasi Bermain HP Dan TV
Memang di zaman modern kita di tuntut untuk mengikutinya bila tidak bisa ketinggalan dan ini berimbas pada anak-anak yang dimana anak zaman now ini tak bisa lepas dari HP terutama buat game dan juga banyaknya waktu terbuang untuk menonton TV dan semua ini berdampak pada anak malas melakukan aktivitas dan lebih individual dan ini tak baik untuk perkembangan otak.

13. Penuhi Asupan Kebutuhan Tubuh
Tubuh dapat berkembang salah satu alasannya ter-cukupi asupan tubuh seperti vitamin, mineral dan lain sebagainya dan ini terdapat pada sayur, buah dan daging namun bila ingin perkembangan otak menjadi lebih baik maka cukupi asam lemak omega-3 dan DHA juga imbanggi olah raga pada anak.

14. Selalu Memberikan Sarapan Pagi Tepat Waktu
Selain menu sarapan pagi yang bergizi juga harus tepat waktu, karena sarapan pagi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk melanjutkan kinerja organ tubuh dengan catatan sarapan pagi sebelum jam 9 atau sebelum melakukan aktivitas seperti berangkat ke sekolah sarapan pagi dahulu.

15. Membudidayakan Membaca
Membaca merupakan jendela ilmu karena dengan membaca banyak ilmu yang di peroleh dan menambah kebendaharaan kosakata maka dari itu budaya-kan membaca pada anak-anak dan pilihlah buku yang tepat.
ARTIKEL TERKAIT