17 Cara Menjaga Persahabatan Agar Tetap Utuh, Awet Dan Semakin Kuat

www.seratu.com
ilustrasi

Mempunyai sahabat merupakan wajib kita punyai karena dengan memiliki sahabat maka hidup ini akan terasa indah nan lengkap juga bisa saling memberi, menerima dalam segala hal juga bisa berbagi entah itu hal baik atau buruk yang sedang terjadi. Dalam persahabatan tentunya pernah ada kesalahpahaman sehingga bisa membuat hubungan persahabatan ini renggang dan bila tidak diselesaikan dengan segera maka bisa berujung pada putus persahabatan dan ini dapat merugikan kedua belah pihak. Ingat persahabatan ini perlu kita jaga agar tidak putus dan bisa semakin baik tentunya dengan cara berikut ini : 
 
1.Selalu Minta Maaf Dahulu
Memang dalam persahabatan kerap sekali dengan perselisihan dan bila tak ada yang mau mengalah dan tak berpikir dewasa maka persahabatan ini bisa berakhir sehingga yang dulunya kawan sekarang jadi lawan, maka dari itu bila dalam suatu persahabatan bila ada perselisihan maka koreksi diri dan memintalah maaf bila merasa  bersalah dan klarifikasi dengan pikiran yang dingin.

2. Jangan Biarkan Bila Ada Permasalahan Berlarut-Larut
Sangat fatal bila dibiarkan saja bila ada permasalahan antara sahabat karena bila dibiarkan berlarut-larut akan merusak nilai persahabatan tersebut juga bisa berefek melemahnya nilai persahabatan juga yang sering dirasa tak saling menyapa, maka dari itu bila ada sedikit permasalahan maka segeralah klarifikasi agar cepat tuntas permasalahan tersebut sehingga persahabatan bisa utuh kembali.

3. Saling Memahami
Saat masih bujang pastinya persahabatan ini selalu diutamakan namun seiring-nya waktu pastinya ada perubahan yang dimana mungkin sudah memiliki pasangan atau ada sesuatu hal yang bisa menyebabkan ada perubahan dan ini pasti bisa dirasa antar sahabat dan dalam hal ini harus bisa menyikapi dan memahami yang menyebabkan dia lebih mementingkan orang lain dari pada sahabat sejak kecil sehingga intensitas bertemu semakin jarang dan juga yang paling penting bila sahabat ini butuh pertolongan maka harus respek.

4. Kejujuran
Jujur kunci utama dalam membina persahabatan karena dalam persahabatan tak ada kejujuran maka persahabatan ini tak ada artinya dan akhirnya saling curiga dan jangka panjang pastinya perjalanan persahabatan berakhir buruk.

5. Mengucapkan Terimakasih
Melatih mengucapkan terimakasih pada siapa saja sangat baik yang bertujuan untuk menghargai seseorang dan hal ini bila kita bisa terapkan dalam menjalin persahabatan maka persahabatan ini bisa semakin kuat dan ada nilai positif tersendiri.

6. Saling Percaya
Saling percaya juga harus menjadi dasar persahabatan yang dimana bila saling percaya sesama sahabat maka persahabatan ini semakin kuat dan tak ada kecurigaan sehingga bisa berubah yang dimana dulu sahabat sekarang bisa menjadi keluarga seperti hubungan adik dan kakak.

7. Usahakan Sering Bertemu Bila Ada Waktu Luang
Yang namanya sahabat sejati pastinya ada rasa kangen dan kekagenan bisa tergantikan bila sudah bertemu dan berjabat tangan tentunya dengan ngobrol juga sih walaupun hanya dengan ditemani secangkir kopi dan ini akan memupuk kembali rasa persahabatan dan usahakan sering bertemu agar persahabatan ini tak terasa hambar.

8. Harus Sabar Dalam Menjaga Hubungan
Kesabaran memang sangat perlu dalam persahabatan karena namanya manusia ini pastinya sedikit banyak ada tidak kecocokan namun bila dalam menyikapi hal ini tak ada kesabaran maka bisa berujung putus persahabatan. Perselisihan pastinya pernah terjadi entah itu hal kecil atau besar namun bila kita mengedepankan kesabaran maka persahabatan ini akan tetap terjaga dan semakin solid.

9. Jaga Ucapan Dan Komunikasi Dengan Baik
Memang menerapkan hal baik juga memberi dampak yang baik dalam segala hal dan ini juga berlaku dalam persahabatan walaupun hanya sekedar ucapan yang baik, sopan dan saling melengkapi dalam berpendapat sesuatu hal, memang hal ini kelihatan sepele namun bila bisa menerapkan maka persahabatan yang sudah terjalin bisa berkesan dan akan menjadikan persahabatan ini sangat perlu dijaga.

10. Saling Menyayangi Dan Menghargai
Prinsip dalam menjaga persahabatan ini hampir sama dengan prinsip berumah tangga yang dimana harus saling menyayangi dan menghargai bila kedua hal ini bisa kita terapkan maka persahabatan ini bisa langgeng.

11. Jangan Ada Curiga Dan Buruk Sangka
Ingat persahabatan bisa langgeng atau tidak ini tergantung dari pribadi masing-masing bila saling curiga dan buruk sangka dalam perjalanan menjalin persahabatan pastinya persahabatan ini tinggal menunggu hari yang pastinya tak akan bertahan lama persahabatan tersebut.

12. Selalu Ada Bila Teman Membutuhkan
Prinsip diatas harus selalu dipakai misalkan tidak bisa melakukan maka minimal memberitahu dan beri penjelasannya karena persahabatan ini merupakan ikatan yang saling melengkapi dan saling membutuhkan disaat salah satunya membutuhkan.

13. Jangan Sok Pintar Atau Menggurui
Didalam menyelesaikan masalah atau berdebat dengan sahabat sebaiknya jangan sok pintar atau menggurui namun dengarkan dulu dan jangan potong pembicaraan sebelum selesai. Memberi solusi sebaiknya juga bersifat bijak dan tidak harus memakai saran kita namun lebih mengedepankan logis dan realita yang dipakai.

14. Mampu Menjaga Rahasia
Sebagai sahabat selain sebagai tempat keluh kesah juga harus bisa menjaga rahasia sahabatnya sehingga merasakan nyaman, aman dan lega karena hal privasi tersebut tidak sampai tersebar kemana-mana cukup sahabatnya yang tahu.

15. Menganggap Keluarga Sahabat Juga Saudaranya Juga
Kita bersahabat dengan kakaknya namun dengan adiknya kita musuhan apa ini yang namanya sahabat ? tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan namun bila ada kesalahpahaman sebaiknya selesaikan dengan kekeluargaan dan ingat bila kita bisa menganggap saudara teman kita sebagai sahabat maka semakin baik persahabatan ini juga akan menambah sahabat yang nantinya suatu saat kita juga membutuhkan. Ada pepatah mengatakan “banyak sahabat maka banyak juga rejeki kita”.

16. Siap Berkorban
Yang namanya sahabat harus siap untuk berkorban untuk sahabatnya entah itu materi, tenaga, waktu dan lain sebagainya karena dengan berkorban maka sahabat kita bisa tersenyum dan beban yang dipikul bisa ringan itulah pentingnya sahabat dan ingat suatu saat kamu akan mendapat penggantinya yang lebih.

17. Selalu Memberikan Yang Terbaik
Sahabat sejati selalu memberikan yang terbaik untuk temannya, suatu misal bila ada teman yang datang kerumah selalu menjamu-nya dengan baik seperti memberi makan, minum dan istirahat bila perlu dan ingat ini akan dibalas dengan kebaikan juga dengan sahabat kita juga akan menambah semakin erat persahabatan tersebut.
ARTIKEL TERKAIT