6 Pertolongan Pertama Akibat Overdosis (OD)

www.seratu.com
ilustrasi
Overdosis (OD) banyak terjadi akibat terlalu banyak meminum atau mengkonsumsi obat terlebih narkoba dan hal ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem tubuh sehingga bisa berakibat fatal juga bisa menyebabkan kematian terlebih tidak ketahuan orang, karena pertolongan pertama ini sangat menentukan segalanya. Sedangkan untuk memberi pertolongan pertama pada korban OD bisa dilakukan dengan hal berikut ini :

1.Panggil Ambulans Atau Memakai Mobil Pribadi
Disaat mengetahui ada orang atau pun saudara yang sedang mengalami OD akibat pemakaian obat berlebih bisa juga akibat narkoba maka langkah paling awal adalah menghubungi ambulans atau mengantar kerumah sakit dengan kendaraan pribadi hal ini bertujuan agar orang yang sedang OD segera mendapat pertolongan secepatnya.

2. Menganalisa Kondisi Dengan Mencubit
Cubit dia agar tahu dia sadar atau tidak hal ini juga bertujuan untuk mengetahui kondisi seberapa parah kondisi pingsan atau sadar dan juga bisa memudahkan memberi pertolongan selanjutnya.

3. Usahakan Tetap Bernafas
Bagi korban OD usahakan dia tetap bernafas apa bila dia kesulitan bernafas akibat busa yang menutupi mulut bisa bantu dengan memiringkan badan seperti tidur dengan posisi miring yang bertujuan untuk mengeluarkan busa dan tak menutupi saluran pernafasan dan bersihkan busa yang ada di mulut.

4. Ajak Dia Berkomunikasi
Bila korban OD masih dalam keadaan sadar maka ajaklah dia untuk tetap berkomunikasi dan berbicaralah yang ringan-ringan seperti menanyakan siapa namamu, kekasih, ibu, bapaknya dan lain sebagainya ini bertujuan agar si korban OD tetap tersadar sampai ke rumah sakit juga mempermudah untuk mengambil tindakan dari dokter.

5. Antar Sampai Kerumah Sakit Dan Cari Bekas Obat Apa Yang Dia Pakai
Menemani korban OD sampai kerumah sakit sangat penting dan terlebih membawa bekas obat apa yang dia minum sehingga memudahkan dokter untuk mengambil tindakan.

6. Hindari Memberi Makanan Atau Minuman Yang Bertujuan Menolong Korban OD
Memang kadang kita memberanikan diri untuk memberi pertolongan pada korbah OD dengan cara-cara yang menjadi mitos seperti memberikan minuman susu, minuman garam dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwasanya bila pertolongan pertama pada korban OD ini salah bisa berujung kematian.
ARTIKEL TERKAIT