7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Kulit Wajah

image : servingjoy.com

Kulit wajah yang bersih, segar dan terlihat sehat merupakan dambaan setiap orang tidak hanya kaum hawa saja. Kulit wajah yang sehat tentunya terhindar dari jerawat, kusam, kering, iritasi, penuaan dini dan masalah kulit wajah lainnya dalam hal ini banyak sekali hal-hal kecil yang sering kita lakukan sehingga menjadi kebiasaan yang mempengaruhi akan kesehatan kulit wajah sehingga kulit wajah menjadi rusak dan berikut ini kebiasaan buruk yang sering kita lakukan diantaranya sebagai berikut ini:
 
1.Tidak Memakai Pelindung Wajah Saat Di luar Rumah
Ini berhubungan dengan sinar matahari karena sinar matahari saat siang hari dapat merusak kulit wajah seperti kusam, kering, berminyak dan menghitam dan ini dapat di atasi dengan memakai tabir surya juga bisa menutup kepala degan topi atau sejenisnya yang bertujuan agar sinar matahari tak langsung menyentuh kulit wajah.

2. Tidak Rutin Membersihkan Wajah Saat Mau Tidur
Sudah menjadi kebiasaan buruk saat mau tidur malam terutama untuk membersihkan kulit wajah jarang kita lakukan entah karena malas, capek, tidak terpikirkan, ketiduran dan lain sebagainya, hal ini ternyata memberi dampak buruk pada kesehatan kulit wajah khususnya di wajah karena kulit wajah ini sangat sensitif di tambah di saat kita melakukan aktivitas pagi sampai sore maka banyak sekali debu, bakteri, kuman dan sisa makeup yang kasat mata menempel di kulit wajah bila hal ini kita biarkan dan tak segera membersihkan saat tidur maka kulit wajah akan timbul permasalahan baru maka dari itu sebelum tidur usahakan untuk membersihkan wajah dengan air bersih.      

3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Yang Berminyak
Makanan yang berminyak tentunya merugikan kesehatan dan contoh makanan berminyak seperti daging yang digoreng, camilan yang di sangrai dan lain sebagainya dalam jangka panjang hal ini dapat membuat penumpukan lemak (obesitas),penyakit jantung, kanker, diabetes dan lain sebagainya juga dapat berdampak pada kesehatan kulit wajah yang cenderung berminyak dan menimbulkan jerawat.

4. Hindari Minuman Beralkohol, Bersoda Dan Banyak Mengandung Manis
Jenis minuman ini juga tak baik untuk kesehatan terutama berlebihan dalam mengkonsumsi-nya karena dapat menimbulkan dehidrasi sehingga dapat mempengaruhi pori-pori kulit yang berujung dapat membuat kulit kering, berminyak dan bisa menimbulkan jerawat dan komedo.

5. Terlalu Banyak Begadang
Sering begadang juta tak baik untuk kesehatan karena begadang sangat merugikan kesehatan seperti bisa terkena insomnia, badan menjadi lemas, sulit berfikir dan masalah kesehatan lainnya. Begadang juga memberi efek pada kulit  wajah seperti memiliki mata panda, dan mengalami penuaan dini dengan di tandai mudah keriput dan wajah tak kelihatan segar.

6. Kurangi Merokok / (stop merokok)
Bagi perokok aktif sebaiknya kurangi mengkonsumsi rokok dan jangka panjang di harapkan bisa menghilangkan rokok dan hal ini memang sulit tapi sering-lah mencoba untuk berhenti merokok. Merokok sendiri banyak efek jeleknya dibanding dengan efek baiknya dan sudah menjadi rahasia umum bahwasanya merokok tak baik untuk organ dalam juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit wajah seperti kering dan mengalami penuaan dini.

7. Hindari Pembersih Wajah Yang Banyak Mengandung Alkohol
Sering kali kita mengunakan pembersih wajah yang instan demi mendapat hasil yang baik namun pembersih wajah yang instan terutama yang banyak mengandung alkohol maka akan memperburuk keadaan kulit wajah dalam jangka panjang karena alkohol ini dapat membuat wajah kering dan mudah iritasi sehingga timbul masalah kulit yang serius.
ARTIKEL TERKAIT