17 Cara Menghadapi Orang Yang Keras Kepala

www.seratu.com
ilustrasi

tiap orang pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda dan akan memberi ciri-khas, alangkah baiknya bila kita bisa hidup berdampingan dengan rukun. Karakter keras kepala yang sering mengundang tidak nyaman orang  di sekitarnya karena orang yang keras kepala akan mempertahankan apa yang menjadi ideologi-nya dan menurutnya itu paling benar namun kenyataannya itu bukan yang paling benar dan untuk menyikapi atau menghadapi orang yang keras kepala ini bisa dengan cara berikut ini:
 
1.Jangan Terlalu Serius
Dalam komunikasi dengan orang yang berwatak keras kepala jangan menunjukan terlalu serius namun banyak humor-nya namun yang positif sehingga hal tersebut terkesan santai juga lebih bisa akrab sehingga terjalin komunikasi yang baik.

2. Pahami Apa Yang Diinginkan
Jangan sekali menyela pembicaraan orang yang keras kepala karena bisa berujung bentrokan pembicaraan namun cukup dengarkan sampai selesai dan pahami apa yang mau disampaikan setelah itu baru kita jawab dengan jawaban yang tegas dan bisa di terima secara logika dan realita.

3. Sabar Dalam Menghadapinya
Sudah menjadi ciri khas bahwasanya orang yang keras kepala maunya menang dan merasa benar sendiri dalam segala hal dalam menyikapi hal ini cukup dengan sabar dan jawab semua pertanyaannya tersebut yang tak sejalan dengan kita namun dengan mengedepankan logis dan realita dan tak perlu berbicara dengan nada keras dan lebih santun dalam mayampaikan.

4. Pendapatnya Jangan Dibuang Mentah-Mentah
Untuk menghadapi orang yang keras kepala terutama dalam berpendapat sebaiknya jangan tolak mentah-mentah pendapatnya namun cukup ambil yang penting saja dan itupun jadikan opsi yang kedua juga selalu tampung semua pendapatnya dengan tujuan untuk menghormati dan menghargainya walaupun pendapatnya kurang berbobot.

5. Harus Dengan Ketegasan Bila Sangat Perlu
Orang yang keras kepala cenderung lebih memaksakan kehendak dan untuk menghadapi hal tersebut sebaiknya kita gunakan sikap yang tegas dan langkah ini diambil bila perlu karena pastinya akan ada konflik secara emosional dan selalu mengedepankan logika dan realita dalam melawan orang yang keras kepala ini.

6. Cari Kelemahanya
orang keras kepala jangan dilawan dengan keras kepala juga karena hal ini akan memperkeruh keadaan namun cukup dengan mencari kelemahannya seperti hobinya, kesukaan film, olah raga dan lain sebagai hal ini bisa digunakan untuk metode pendekatan dengan cara untuk melakukan semua kegiatan yang sering dia lakukan dan usahakan kalau bisa sering bertemu sehingga bisa terjalin hubungan dengan demikian maka dalam berbicara dengan kita akan lebih fleksibel dan kita akan memahami pola bicaranya.

7. Pandang Semua Dengan Hal Positif
Kita tahu pada umumnya semua orang memang memiliki karakter yang berbeda dan orang yang keras kepala memang memiliki kecenderungan ingin menang namun hal ini pastinya memiliki alasan yang bisa membuat orang tersebut ngotot dan mungkin dari versi kita orang tersebut keras kepala, namun tentunya memiliki alasan yang lebih kuat yang kita tak sepaham atau mungkin tak mau memahami namun bila orang keras kepala tersebut.

8. Pintar Merangkulnya
Jadilah sosok yang bisa diterima dimanapun karena hal tersebut akan mempermudah kita untuk berkomunikasi khususnya untuk orang yang keras kepala dan hal ini bisa dengan melakukan pergi bersama dengan orang keras kepala seperti mangajaknya makan, jalan-jalan, saling curhat dan lain sebagainya, bila kondisi ini terjadi dan terjalin maka akan mempermudah-kan kita untuk bisa diterimanya dalam segala hal oleh orang keras kepala tersebut.

10. Hindari Mengaturnya
Orang yang berkarakter keras kepala memang susah diatur namun bila kita paksa untuk mengaturnya maka pastinya akan terjadi kesalahan pahaman sehingga bisa terjadi konflik, cukup biarkan saja sebatas masih normal namun bila sudah keterlaluan maka bisa diingatkan dengan cara memberi pemahaman yang berlandaskan dengan logika dan realita.

11. Jangan Menyebut Nama Dan Menujuk Dengan Jari Tangan Di Hadapanya
Hindari hal ini dalam semua kasus karena mereka anti dengan hal tersebut cukup menyebut inisial dan ini pun dalam hal terpaksa yang bertujuan untuk mengingatkan dan menyidirnya.

12. Jauhi
Bila kita sudah tak tahan dengan orang yang keras kepala dan bila kita lawan akan semakin memperburuk keadaan maka jauhi saja dan tenangkan diri.

13. Jangan Melawannya
Bila kita menghadapi orang yang keras kepala jangan lawan dengan keras kepala namun cukup beri alasan atau pemahaman-pemahaman yang lebih terbuka dan tak memaksakan kehendak maka hal ini akan lebih bisa diterima.

14. Berbicaralah Yang Sopan Dan Santun
Gunakan bahasa yang baik, benar dan tepat bila perlu gunakan bahasa daerah yang kelihatan bisa dipahami karena dengan begitu lebih bisa diterima juga hindari menyinggung perasaan dan selalu bilang “Maaf bila ini salah” atau sejenisnya karena kalimat ini menandakan kita masih di bawahnya dan tentunya tak ada yang tersinggung.

15. Cari Waktu Yang Tepat Untuk Berkomunikasi
Memang didalam komunikasi dengan orang yang berwatak keras kepala ini harus mencari waktu yang tepat misalnya bertamulah saat pintunya terbuka, dia sedang merasa bahagia, jangan terlalu lama berkomunikasi atau secukupnya, jangan datang saat dia istirahat, dengan demikian maka akan lebih bisa diterima juga bisa berinteraksi lebih maksimal.

16. Jangan Bertele-Tele
Orang suka bertele-tele dalam berbicara kadang akan membuat maksud dan tujuan tak jelas dan membingungkan sehingga akan memancing amarah orang yang keras kepala sehingga memudahkan orang keras kepala ini mengeksekusinya.

17. Hindari Hal Yang Bersifat Menggurui
Hindari untuk menggurui semua hal terhadap orang yang memiliki sifat keras kepala karena orang yang keras kepala memiliki sifat selain dia tak ada yang benar dan bila ada orang yang mencoba untuk menggurui dengan maksud baik maka akan dianggap saingan atau musuh.
ARTIKEL TERKAIT