Ketahuilah, 7 Hal Ini Yang Dapat Merusak Persahabatan

www.seratu.com
ilustrasi

Persahabatan bisa putus pastinya ada penyebabnya dan bila kita pikir-pikir siapa yang rugi ? pastinya rugi semua, tidak hanya itu ada juga yang dulunya sahabat karip sekarang menjadi lawan sungguh kondisi yang memperhatikan. Mempunyai sahabat yang banyak akan mempermudah-kan kita dalam segala hal bisa mulai mencari pekerjaan, jodoh dan rezeki maka dari itu jagalah nilai persahabatan tersebut agar tetap terjaga dengan baik dan perlu diketahui ada beberapa hal yang bisa merusak sebuah persahabatan diantaranya sebagai berikut ini:
  
1.Egois
Dalam persahabatan memang harus saling memberi dan menerima agar persahabatan ini tetap terjalin dengan baik, yang dimaksud menerima adalah menerima saran teman, menerima berbagai hal bila kita memang butuh dan memberi ini bila sahabat kita lagi perlu dan kita punya maka berilah walaupun dalam bentuk saran atau materi, waktu dan tenaga bila hal ini bisa terjadi maka persahabatan ini akan terjalin dengan baik namun se-balik bila salah satu sahabat ini egois atau sama-sama egois maka persahabatan ini tak akan bertahan lama karena sifat egois ini merupakan memikirkan diri sendiri tanpa memperdulikan orang lain.

2. Terlalu Mencampuri Urusan Pribadi
Memang dalam bersahabat perlu sekali untuk memilah-milah antara hal pribadi dan tidak, bila sahabat ini terlalu mencampuri urusan pribadi dan tentunya akan mengganggu kenyamanan dalam hal privasi maka yang dirasa tak ada kenyamanan terlebih bila sudah berumah tangga. Didalam mencampuri urusan pribadi bila sahabat kita sudah memberi lampu hijau maka bergerak dengan maksimal dan tentunya memberi yang terbaik untuk sahabat sehingga hal ini yang dikatakan orang bijak “perlunya sahabat dalam hidup ini”.

3. Tidak Adanya Sopan Santun
Dalam persahabatan perlu sekali etika dan aturan terutama dalam unggah-ungguh (bahasa jawa) atau sopan santun karena kita bersahabat tentunya memiliki perbedaan umur ada yang lebih muda dan tua dari kita maka dari itu agar persahabatan ini bisa terjalin dengan baik maka gunakan bahasa yang baik dan benar terutama dalam berucap terutama yang lebih tua maka selalu gunakan bahasa adat yang lebih sopan dan santun karena hal ini akan terdengar lebih bagus dan menghargai yang lebih tua.

4. Tidak Terjalin Kepercayaan
Dalam bersahabat hal dasar yang harus dipunyai adalah salin percaya bila hal ini sudah tak ada salin percaya dan sebaliknya yaitu saling curiga maka persahabatan ini tinggal menunggu waktu yang pastinya akan segera berakhir.

5. Berprasangka Buruk
Berprasangka buruk terhadap teman merupakan hal yang akan merusak semua bentuk nilai persahabatan. semua bentuk bantun teman entah itu waktu, tenaga, dan materi akan dipandang buruk yang akhirnya akan kerucut yang dulunya teman akan menjadi lawan, ubah manset berprasangka buruk ini menjadi prasangka baik maka dalam menjalin hubungan persahabatan akan merasakan kenyamanan dan akan semakin baik dalam menjalin hubungan persahabatan.

6. Suka Membeberkan Aib Teman
Ingat bila sudah dikatan sahabat maka harus bisa menjaga rahasia kejelekan teman jangan sampai aib buruk ini diketahui oleh orang lain karena bisa menyebabkan pembunuhan karakter. Ketahuilah tidak ada di dunia ini manusia yang sempurna, sebaik-baiknya orang pastinya ada secuil kejelekanya juga manusia itu tempatnya salah dan dosa.

7. Tidak Adanya Kasih Dan Sayang
Dalam menjalin hubungan persahabatan pada konteks-nya ini seperti rumah tangga bila mana teman ini sedang di landa masalah sebagai sahabat pastinya akan merasakan kesedihan juga dan sebaliknya bila sahabat ini sedang merasakan kebahagian juga sebagai teman akan merasakan kebahagiaan juga. Dalam menjaga nilai persahabatan ini diperlukan kasih dan sayang juga kebersamaan seperti pepatah mengatakan “berat sama dipikul ringan sama dijinjing”.   
ARTIKEL TERKAIT