10 Makanan Pencegah dan mengobati Masuk Angin Atau Perut Kembung

image : www.belmarrahealth.com
Siapa yang pernah mengalami masuk angin entah akibat makanan, alergi, udara yang masuk ke tubuh dan lain sebagainya, hal ini pastinya merasakan perut tak nyaman juga sulit untuk kentut dan perut terasa keras dan membesar. Masuk angin memang sering diremehkan karena tak berbahaya namun bila dibiarkan bisa berakibat ke organ lainnya terutama di saluran pencernaan dan menjadi fatal terlebih mempunyai catatan penyakit disalurkan pencernaan. Berikut ini jenis makanan yang bisa mencegah dan mengobati masuk angin atau perut kembung diantaranya sebagai berikut:
1.Jahe
Jahe merupakan Tanaman Herbal yang sudah terkenal akan manfaatnya dan sering sebagai obat untuk menghangatkan badan dan didalam membuatnya juga gampang yaitu ambil tunas jahe secukupnya dan cuci bersih dan lumat-kan bisa di keprek dan di taruh di gelas dan seduh dengan air mendidih untuk menambah manis agar enak diminum bisa di tambah gula sedikit dan meminum jahe ini juga bisa untuk mencegah dan mengobati masuk angin di perut sehingga perut menjadi nyaman lagi.

2.  Yogurt
Yogurt merupakan makanan yang mudah di cerna oleh tubuh juga kandungan probiotik yang bisa merangsang pertumbuhan bakteri yang baik untuk tubuh khususnya di dalam perut sehingga lebih cepat untuk mengusir kembung atau masuk angin lebih cepat disarankan juga bisa di padu dengan pisang.

3. Bawang Putih
Bawang putih merupakan bumbu masakan yang sering digunakan untuk menyedapkan makanan, bawang putih juga memiliki ciri khas baunya yang begitu khas dan menyengat hidup juga sering digunakan untuk bahan pengobatan herbal. Bawang putih tentunya juga bisa untuk meredakan kembung atau masuk angin karena kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih mampu merangsang kelebihan cairan dalam tubuh juga bisa bekerja secara maksimal bersama protein alami sehingga bisa menguraikan zat buruk yang ada di tubuh khususnya saluran pencernaan.

4. Buah Pepaya
Mengkonsumsi pepaya saat perut kembung atau merasakan mau masuk angin juga bisa untuk melegakan perut sehingga perut tak jadi kembung, hal ini disebabkan karena pepaya mengandung serat yang banyak dan kandungan enzim papain sehingga bisa melancarkan saluran pencernaan yang terganggu sehingga pencernaan menjadi lancar dan perut akan terasa lega dan nyaman kembali.

5. Buah Semangka
Buah semangka kaya akan elektrolit dan enzim yang bisa untuk melarutkan zat buatan seperti pemanis, asin, gurih yang  sering ditambahkan pada makanan siap saji, tidak hanya itu semangka juga bisa untuk mengobati gejala masuk angin karena buah ini juga bersifat diuretik yang bisa membuat ginjal  semakin terpacu untuk membuang air yang berbentuk air seni sehingga cairan yang ada di perut yang terasa mengganjal dan sering dirasakan gejala masuk angin bisa terbuang sehingga perut menjadi lega  kembali.

6. Mentimun
Mentimun atau timun juga bisa untuk mencegah masuk angin karena kandungan quercetin yang juga sebagai antidioksida mampu untuk mencegah masuk angin sehingga perut bisa lega, mentimun juga bisa retensi cairan dalam tubuh.

7. Seledri
Seledri  juga bisa untuk mencegah masuk angin menjadi parah karena seledri  bisa mengendalikan gas dalam tubuh terutama daerah perut sehingga masuk angin akan segera membaik dan perut-pun merasa nyaman.

8. Buah Pisang
Pisang sendiri juga banyak mengandung serat yang tentunya juga mempercepat mengurangi makanan sehingga tak terjadi penumpukan makanan tidak hanya itu kalium yang terdapat pada buah pisang  yang berfungsi untuk mencegah retensi cairan, hal ini semua tentunya bermanfaat untuk mencegah terjadinya masuk angin menjadi parah.

9. Kunyit
Percaya tidak percaya kunyit sudah sejak dulu dipercaya bisa mengatasi permasalahan perut terlebih masuk angin atau perut kembung akibat gas yang terjebak di perut.

10. Bawang Merah
Bawang merah ini juga bisa menciptakan gas dalam tubuh yang sering dikeluarkan menjadi kentut dan saat kentut pastinya berbau tak sedap itu sebenarnya banyak sekali gas yang terjebak tak bisa keluar dalam tubuh sehingga saat kentut maka semua gas yang terjebak di perut juga ikut keluar, akhirnya perut menjadi lega dan masuk angin atau kembung bisa terusir dengan sendirinya.
ARTIKEL TERKAIT