12 Warna air Kencing Atau Urine Bisa Mendeteksi Kondisi Kesehatanmu

image : fithacker.me

Pernah mengalami air kencing berubah warna dan kadang kita mengabaikan hal tersebut, mungkin bila tidak terjadi terus menerus hal tersebut tak apa namun bila terjadi terus-menerus bisa jadi pertanda organ tubuh sedang tak sehat kondisinya. Makan dan minuman ini juga bisa mempengaruhi akan warna air kencing atau urine, bila penyebab berubah-nya warna kencing akibat makanan atau minuman ini tak begitu khawatir namun bila bukan hal tersebut penyebabnya maka sebaiknya konsultasi-kan ke dokter. Hal dasar yang mempengaruhi warna air kencing dan  sedikitnya air kencing bisa akibat tubuh mengalami dehidrasi yang tentunya kurangnya asupan air, maka dari itu alangkah baiknya konsumsi-lah air dengan cukup dan ketahuilah bahwasanya warna air kencing ini juga memiliki arti kesehatan atau menggambarkan suatu penyakit dalam yang sedang terjadi, ingin tahu detail-nya simak ulasan dibawah ini:  
 
1.Warna Bening Atau Transparan
Warna air kencing yang memiliki warna bening atau transparan ini menandakan bahwa kondisi tubuh kamu dalam kondisi sehat dan tak mengalami dehidrasi dalam tubuh, namun bila hal ini kebanyakan minum air yang tak diimbangi untuk aktivitas fisik bisa mempengaruhi ginjal.

2. Warna Kuning
Warna air kencing berwarna kuning menandakan tubuh kamu juga masih dalam kondisi sehat, juga tubuh tidak mengalami dehidrasi juga masih dalam kondisi dehidrasi normal.

3. Warna Kuning Tua
Warna air kencing kuning tua ini menandakan bahwa tubuh kamu dalam kondisi di ambang dehidrasi sehingga disarankan untuk menambah konsumsi air putih.

4. Warna Kuning Pucat
Warna air kencing kuning pucat menandakan bahwa kondisi kamu masih dalam kondisi sehat juga aman dari dehidrasi tubuh.

5. Warna Coklat
Warna air kencing coklat juga menandakan bahwa kondisi organ dalam dalam keadaan tidak sehat terutama pada hati atau liver juga bisa tubuh mengalami dehidrasi berat, misal sudah minum air cukup banyak namun warna air kencing tetap coklat berarti organ dalam bermasalah dan segera periksa-kan ke dokter.

6. Warna Kecokelatan Seperti Warna Madu
Warna air kencing kecokelatan seperti madu ini menandakan bahwasanya tubuh mengalami dehidrasi dan untuk solusinya bisa minum air putih yang banyak secara rutin sehingga warna urine menjadi bening atau transparan.

7. Warna Pink Atau Kemerahan
Warna air kencing pink atau kemerahan ini juga akibat kita banyak mengkonsumsi makanan tertentu seperti buah bit, blueberry atau sejenis makanan yang memiliki warna dasar merah hal ini juga mempengaruhi air kencing, namun bila tidak kedapatan mengkonsumsi makanan tersebut maka bisa jadi ada permasalahan lain seperti infeksi darah dan penyakit ginjal hal ini segerakan periksa-kan ke dokter.

8. Warna Oranye
Warna air kencing oranye ini menandakan bahwasanya organ dalam sedang ada masalah seperti saluran empedu juga tubuh mengalami dehidrasi atau anda banyak mengkonsumsi makanan atau buah yang memiliki dasar warna oranye namun bila tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki dasar warna tersebut maka segerakan konsultasi-kan ke dokter.

9. Warna Biru Atau Warna Hijau
Warna air kencing biru atau hijau juga menandakan bahwasanya efek dari mengkonsumsi makanan yang berwarna namun bila tidak mengkonsumsi makanan tersebut bisa jadi akibat dari mengkonsumsi obat-obatan, infeksi bakteri namun untuk memastikan bisa konsultasi-kan ke dokter.

10. Bergelembung Atau Berbusa
Pernah melihat saat kencing ini banyak menjadi gelembung atau berbusa ini juga menandakan bahwasanya urine masih dalam proses dalam tubuh hal ini juga tak membahayakan tubuh namun bila terjadi terus menerus bisa jadi ada permasalahan di ginjal atau kelebihan protein dalam makananmu.

11. Warna Lain
Warna lain pada air kencing ini bisa juga berwarna ungu atau warna lainya  ini menandakan bisa akibat suatu makanan, obat kemoterapi yang kita konsumsi sehingga air kencing berwarna dan tidak usah khawatir, namun bila buka akibat tersebut sebaiknya konsultasi-kan ke dokter.

12. Putih Dan Kental
Warna air kencing putih dan kental ini menandakan bahwasanya terjadi akibat masih adanya sisa sperma setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan hal ini tak usah khawatir namun bila bukan ini alasannya bisa jadi ada penyakit lain yang lebih serius, untuk mengetahuinya bisa segera konsultasi-kan ke dokter.
ARTIKEL TERKAIT