9 Tips agar tak mudah mual Dan muntah setelah makan

image : www.healthhype.com

Mual dan ingin muntah ini bisa terjadi sebelum dan sesudah makan yang tentunya sangat tak nyaman yang dirasa. Mual dan muntah yang sering melanda setelah makan ini tentunya memiliki sebab, tidak sedikit orang mau mencegah dari pada mengobati yang tentunya tak akan terjadi hal tersebut. Berikut ini tips agar tak mudah mual dan ingin muntah setelah makan diantaranya sebagai berikut ini:
 
1.Makan Dengan Perlahan-Lahan
Makan dengan cepat pastinya memakan makanan ini dengan potongan-potongan yang besar dan dalam mengunyah tak bisa halus yang akhirnya lama bisa di proses di dalam sistem pencernaan dan hal ini juga bisa membuat mual bahkan muntah terlebih di dibarengi langsung aktivitas.

2.Hindari  Kekenyangan
Alangkah baiknya dalam makan jangan sampai kekenyangan karena bila perut ke kekenyangan maka bisa membuat mudah muntah yang disebabkan saluran pencernaan masih kepenuhan dengan makanan dan akhirnya dibuat sedikit aktivitas bisa memancing mual dan muntah juga dalam beserdawa biasanya ikut keluar makanan yang ada di perut.

3. Hindari Makan Sambil Minum
Kebiasaan buruk apa bila dalam makan ini belum selesai sudah minum dulu hal ini bisa berdampak pada perut cepat kenyang dan makanan dan air ini bercampur sehingga memudahkan untuk mual dan muntah terlebih dibarengi dengan aktivitas.

4. Hindari Setelah Makan Ini Langsung Melakukan Aktivitas
Setelah makan langsung beraktivitas mulai berjalan, naik kendaraan, atau aktivitas lainnya hal ini sangat rentan untuk mual dan muntah alangkah baiknya setelah makan ini untuk istirahat sejenak seperti duduk dengan nyaman dengan demikian maka sistem pencernaan bisa bekerja dengan maksimal dalam memproses makanan, tentunya makanan bisa di uraikan menjadi energi dan membuang sisa makanan ke saluran pembuangan.

5. Hindari Makanan Yang Menjadi Alergi
Kadang makan sesuatu yang membuat kita alergi bisa menjadikan kita mual dan muntah dan solusi yang tepat adalah hindari makanan yang membuat alergi dan kenali makanan apa saja yang membuat alergi dengan demikian maka bisa lebih maksimal dalam menghindari makanan yang alergi.

6. Hindari makanan yang membuat anda muntah
Memang sebagian orang beberapa jenis makanan bisa membuat muntah seperti yang berminyak, minum kopi, coklat serta minuman bersoda kemungkinan besar dalam mengkonsumsi ini perut dalam keadaan kosong sehingga memicu perut mudah mual dan muntah, alangkah baiknya bila perut dalam keadaan kosong dianjurkan untuk minum air putih dulu dan cari makanan yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan seperti buah pepaya, semangka dan hindari makanan yang keras setelah itu biarkan sejenak dan baru makan makanan yang diinginkan.

7. Hindari Merokok
Memang merokok ini merugikan kesehatan juga bisa memicu perut mual, dan muntah karena hal ini disebabkan karena terlalu banyaknya asap masuk saluran pencernaan dan pernafasan sehingga sangat mudah untuk memicu mual dan muntah terlebih perut dalam keadaan kosong.

8. Hindari Stres
Stres memang bisa mengganggu kesehatan terlebih juga bisa menyebabkan mual dan muntah karena biasanya seseorang yang dilanda stres dia merasakan tertekan, takut dan pikiran yang bercampur aduk sehingga dalam waktu lama bisa membuat perut kaku dan malas untuk makan dan hal ini perut yang kosong cenderung memicu mual dan muntah hal ini disebabkan gas dalam lambung meninggi, bila dipaksa makan kadang segera di muntah-kan .

9. Konsumsi Obat Mual
Bila perut yang dirasa mual dan ingin muntah setelah maka hal ini bisa di siasati dengan minum obat mual dan tentunya banyak sekali di apotik, alangkah baiknya konsultasi-kan ke dokter dahulu.

ARTIKEL TERKAIT