Ketahui, 12 Penyebab Dan Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Rambut

image : www.topgentlemen.com

Rambut memang merupakan mahkota yang dimana bila rambut kelihatan sehat yang tentunya tak berbau akan membuat anda percaya diri terutama tampil di tempat umum. Pernah memiliki rambut yang berbau atau melihat teman memiliki rambut berbau yang tentunya akan menjadi bumerang, karena dengan rambut yang berbau maka akan membuat orang malas untuk bergaul dan berkomunikasi. Rambut berbau ini tentunya memiliki penyebabnya yang bermacam-macam yang tentunya juga ada solusi yang sederhana ingin tahu lebih lanjut simak ulasan di bawah ini : 
 
1.Terlalu Banyak Keluar Keringat
Aktivitas fisik memang memancing produksi keringat naik tajam terutama dibagian kepala yang berimbas pada rambut yang berbau tak sedap.
-        Cara mengatasinya dengan sering mencuci rambut dengan shampo dan cari shampo yang cocok dengan rambut anda, bila sedang aktivitas fisik yang banyak mengeluarkan keringat  usahakan jangan memakai penutup kepala hal ini akan membuat rambut semakin bau.

2. Shampo Yang Tak cocok
Memang merek shampo bermacam-macam merek-nya yang tentunya juga beda akan bahan pembuatan-ya dan tidak sedikit kasus dalam pemakaian shampo ini tak cocok dengan rambut malahan bisa berdampak pada kering-nya rambut, mudah rontok, berubah warna rambut, yang tentunya juga bisa menyebabkan rambut berbau kurang sedap.
-       Cara mengatasinya adalah dengan mengganti shampo yang cocok juga bila sudah cocok dengan salah satu merek shampo maka jangan ganti-ganti shampo lain.

3.  Kurang Menjaga Kebersihan  Rambut
Kebersihan rambut memang perlu untuk dijaga secara teratur terlebih memiliki aktivitas lebih diluar rumah sehingga membuat rambut bisa kering dan berbau tak sedap akibat keringat berproduksi lebih khususnya di kepala.
-       Cara mengatasinya sering memakai shampo didalam merawat juga pakai serum rambut agar rambut tetap terjaga kesehatannya, juga hindari terlalu memanjang-kan rambut karena bisa membuat rambut sulit untuk mendapat udara yang menyebabkan keringat susah untuk hilang sepenuhnya.

4. Banyaknya Munculnya Ketombe
Ketombe memang lekat sekali dengan rambut terlebih kurang memperhatikan perawatan rambut alhasil ketombe semakin tumbuh subur dan tentunya juga menyebabkan rambut semakin bau tak sedap.
-        Cara mengatasinya cukup lakukan perawatan rambut dengan memilih shampo yang cocok untuk membasmi ketombe juga kurang aktivitas yang terlalu mengeluarkan keringat.

5. Sering Memakai Penutup Kepala
Menutup kepala sering kali berdampak pada bau yang tak sedap pada rambut karena rambut tak mudah untuk mendapat udara segar juga udara sekitar rambut tak ganti sehingga keringat yang ada di rambut tak lekas hilang, yang menyebabkan rambut semakin berbau tak sedap.
-        Cara mengatasinya pilihlah penutup kepala yang bisa menyerap keringat atau cari kain berbahan tipis sehingga udara juga bisa masuk dan keluar sehingga bisa minimalis bau keringat tak sedap.

6. Karena Bakteri Dan Kuman
Ketahuilah barang apa saja yang sering melekat pada rambut terutama yang kotor bisa menular-kan bakteri atau kuman misalkan bantal, penutup kepala, aksesoris dan lain sebagainya karena kuman dan bakteri ini juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada rambut.
-        Cara mengatasinya pelihara kesehatan bantal, penutup kepala, aksesoris dan lain sebagainya bisa dicuci dan dijemur di bawah sinar matahari, misalkan barang tersebut sudah tak layak dipakai sebaiknya buang saja.

7.Terkena Polusi Udara
Asap kendaraan bermotor, asap pabrik, asap gunung meletus dan jenis asap lainnya ini merupakan sumber polusi udara yang tentunya tak baik untuk kesehatan juga bisa membuat rambut kepala berbau tak sedap hal ini dikarenakan rambut sudah terkontaminasi dengan polusi udara tersebut.
-       Cara mengatasinya bisa memakai penutup kepala dan bersihkan dengan memakai shampo yang cocok.

8. Rambut Yang Basah
Mandi dengan membasahi rambut atau keramas dengan shampo memang hal yang lumrah kita lakukan tiap hari dan hal ini juga memicu rambut berbau tak sedap bila pengeringan rambut belum selesai atau benar-benar belum kering kita tutup dengan penutup kepala.
-        Cara mengatasinya cukup mudah yaitu usahakan benar-benar kering sebelum memakai penutup kepala,misalkan terburu-buru karena mau kerja atau lainnya dalam mengeringkan bisa memakai kipas angin.

9. Terlalu Banyaknya Kutu Rambut
Kutu rambut memang mengganggu dan juga menyebabkan sakit di bagian kulit kepala dan tentunya juga bisa menyebabkan bau bila kutu tumbuh subur di rambut.
-        Cara mengatasinya bisa membasmi dengan shampo yang tepat juga bisa lakukan dengan mengambilnya satu-persatu kutu rambut istilah jawa (didis).

10. Dalam Mencuci Rambut Tak Memakai Shampo
Mencuci rambut bila hanya mengunakan air saja dan ini menjadi rutinitas maka bisa juga menyebabkan bau di rambut tak sedap karena air tak bisa membasmi kuman dan baterai juga didalam melunturkan keringat yang masih sisa di rambut dan kepala tidak bersih 100%.
-        Cara mengatasinya tentunya harus mengunakan shampo yang cocok, boleh saja didalam membersihkan rambut hanya memakai air bersih namun alangkah baiknya juga pakai shampo juga shampo sendiri ini juga ada campuran bahan pewanginya sehingga selain membersihkan rambut juga mengharumkan rambut.

11. Pola Makan
Memakan satu jenis makanan dalam jumlah banyak juga bisa mempengaruhi bau di mulut dan badan yang tentunya juga bisa mempengaruhi bau rambut walaupun kemungkinan kecil.
-       Cara mengatasinya imbangi makan dengan perbanyak buah dan sayur.

12. Tidak Memakai Minyak Rambut
Rambut yang kering tentunya mengundang bau yang kurang sedap karena rambut kurang akan kelembabannya
-       Cara mengatasinya bisa mengunakan minyak rambut yang tentunya akan membuat rambut kelihatan lembab, hitam dan sehat yang tentunya bau minyak rambut dapat menyamarkan bau yang kurap sedap saat belum memakai minyak rambut.
ARTIKEL TERKAIT