Sering Mual Setelah Makan ? Berikut 10 penyebabnya Dan Solusinya

image : httpwww.md-health.com

Kondisi mual setelah makan memang tak mengenakan dan tentunya bisa berujung muntah, padahal sudah menjaga pola makan juga olahraga yang teratur dan pola hidup sehat. Kondisi mual yang dirasa memang banyak sekali penyebabnya yang tentunya bila tak segera diobati juga bisa menjadi fatal juga berujung pada kematian, dalam penangananya telat. Perlu diketahui bahwasanya perut mual ini pastinya ada penyebabnya juga ada solusinya diantaranya sebagai berikut ini :
 
1.Makan Sambil Berbicara
Dianjurkan saat makan sebaiknya fokus untuk mengunyah makanan dan saat ada orang mengajak bicara sebaiknya biarkan saja karena hal ini bisa berdampak tak baik pada kesehatan sistem pencernaan bila makan dibarengi dengan berbicara karena bisa terjadi selalapan yang dimana makanan bisa masuk ke-saluran pernafasan. Saat makan melakukan berbicara juga bisa menyebabkan mual yang disebabkan oleh makanan yang dikunyah tak bisa halus sehingga membuat kerja ekstra sistem pencernaan yang berakibat bisa menyebabkan mual.

Cara mengatasinya bisa dengan cara meminum air yang hangat dan jadikan kebiasaan makan untuk fokus dan mengunyah makanan saja.

2. Mual Karena Sang Ibu Lagi Hamil
Mual dalam hal ini sangat normal dan alami karena hal ini efek dari sang ibu lagi hamil

Cara mengatasinya bisa dengan menghindari makanan-makanan yang banyak mengandung zat asam tinggi juga bisa mengkonsumsi pil analgesik juga ikuti anjuran dokter atau bidan.

3.Mual Karena Kesehatan Psikis
Mual juga bisa terjadi setelah makan yang disebabkan oleh kondisi psikis yang tak mengenakan seperti depresi, stres dan rasa tertekan, kondisi ini bila dirasakan sangat terlalu over juga memicu mual, karena saat kondisi ini terjadi maka kinerja tubuh tak bisa maksimal terutama pada lambung dan sistem pencernaan lainnya karena rasa stres akan mempengaruhi kenyamanan sistem pencernaan didalam melakukan tugasnya dan bisa berimbas pada rasa mual yang dirasa setelah makan

Cara mengatasinya kelola rasa depresi, stres dan tertekan dengan cara ikut terapi dan senam yoga.

4. Mual Karena Terlalu Banyak Dan Begitu Cepat Dalam Mengkonsumsi Makanan
Pernah merasakan makan dalam jumlah banyak sehingga terasa makanan sudah memenuhi perut sampai-sampai sudah sampai tenggorokan ? yang dimana dalam mengunyah-nya dan melahapnya terlalu cepat, dalam kondisi ini bisa memicu mual yang disebabkan organ pencernaan menjadi kaget dan tak bisa bekerja maksimal sehingga bisa menyebabkan mual yang dirasa.

Cara mengatasinya diam sejenak dan duduk juga bila terasa ingin muntah dan tak bisa membendung sebaiknya muntah-kan dan setelah muntah maka sebaiknya konsumsi air hangat secukupnya.

5. Mual Akibat Alergi Makanan
Memang ada sebagian orang yang memiliki alergi makanan namun tidak semua  makanan tentunya ada beberapa dari jenis makanan saja, hal ini bisa dari jenis sayur, buah, daging, dan lain-lain. Alergi makanan ini juga bisa berdampak pada fisik seperti gatal-gatal, kulit memerah dan tentunya bisa menyebabkan mual karena hal ini tubuh tak bisa menerima makanan dengan semestinya.

Cara mengatasinya konsultasi-kan ke dokter sebelum membeli obat juga hindari beberapa jenis makanan yang masuk daftar alergi bila kita makan.

6. Mual Akibat Mengkonsumsi Makanan Yang Beracun
Memang keracunan makanan bisa terjadi karena tubuh kita keracunan akibat kita mengkonsumsi suatu makanan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri yang penghasil racun yang terdapat pada makanan yang basi juga pada makanan yang banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh dan ini bisa menyebabkan pusing, demam, diare dan tentunya juga mual yang dirasa, penyebabnya bisa dirasakan langsung atau beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Cara mengatasinya bisa langsung pergi kerumah sakit dan bila dirasa tak begitu menyakitkan bisa istirahat yang cukup dan meminum air kelapa hijau yang muda.

7. Mual Akibat Asam Lambung Yang Berlebih  
Memang mengkonsumsi makanan bila berlebih memang tak baik untuk sistem pencernaan terlebih makanan yang pedas dan berminyak hal ini bisa berimbas meningginya asam lambung yang berdampak pada tenggorokan terasa kering, panas dan meriang juga bisa menyebabkan mual.

Cara mengatasinya kurangi atau hindari makanan yang terlalu pedas dan berminyak juga imbangi makanan dengan mengkonsumsi buah.

8. Mual Akibat Gangguan Sistem Pencernaan
Memang beberapa gangguan di sistem pencernaan bisa menyebabkan mual dan hal ini tidak disebabkan oleh makanan dan 100% memang sistem pencernaan sedang tidak baik atau sakit seperti infeksi saluran pencernaan, usus buntu, maag, kanker usus dan lambung. Bila tak segera diatasi bisa membahayakan nyawa dalam hal ini.

Cara mengatasinya pergi ke-dokter dan ikuti perintah dokter misalkan disarankan untuk rawat inap maka lakukanlah.

9. Mual Akibat Pola Hidup Yang Tak Sehat
Sudah perokok aktif, mengkonsumsi minuman beralkohol, pola makan tak beraturan, hal ini bias menyebabkan mual-mual dan tentunya juga bisa berdampak pada kesehatan yang lebih buruk.

Cara mengatasinya hentikan semua pola hidup tak sehat dan rubah dengan pola hidup sehat seperti ganti komunitas dengan orang-orang yang berkehidupan pola hidup sehat seperti banyak berolahraga, dan atur pola makan yang teratur dan istirahat yang cukup.

10. Mual Akibat Mabuk Perjalanan
Memang mabuk bisa disebabkan karena sedang melakukan perjalanan jauh terutama yang menaiki kendaraan roda 4 hal ini bisa disebabkan kondisi perut yang penuh dan medan jalan yang sulit juga banyak belokan tajam dan naik turun jalannya sehingga perut terasa di kocok dan tentunya hal ini bisa menyebabkan mabuk yang diawali dengan mual

Cara mengatasinya bisa minum obat anti mabuk sebelum perjalanan, hindari makan dalam jumlah banyak sebelum perjalanan juga hindari makanan yang berbau amis dan jangan banyak konsumsi air dan usahakan bisa tertidur di dalam kendaraan. 

ARTIKEL TERKAIT