Tulang Ingin Sehat ? Hindari 6 Makanan Dan Minuman ini

images.wisegeek.com

Tulang memang inti dari rangka tubuh, bila tulang sehat maka tubuh juga bisa bergerak sesuai keinginan yang tentunya harus cukup asupan kebutuhan tulang harian tentunya. Makan dan minuman ini yang sering kita konsumsi ternyata mempengaruhi akan keberlangsungan kesehatan tulang terutama untuk jangka panjang, makanan dan minuman yang baik untuk tulang ini banyak mengandung vitamin D, mineral, kalsium, magnesium dan nutrisi. Tidak tahunnya orang dalam mengkonsumsi  makanan dan minuman ini yang cenderung merusak tulang, yang dimana mereka menganggap bahwa makanan ini baik untuk tulang namun ternyata sebaliknya dan berikut  daftar makan dan minuman yang tak baik untuk keberlangsungan kesehatan tulang diantaranya sebagai berikut:
 
1.Garam
Hindari makanan atau minuman yang asin karena asin yang berasal dari garam sangat tak baik untuk keberlangsungan tulang sehingga tulang cepat  keropos akibat banyak mengkonsumsi garam karena tulang banyak kehilangan kalsium. Konsumsi garam atau sodium perharinya di sarankan maksimal 2.300 miligram.

2.  Minuman Soda
Kurangi minuman bersoda atau hindari karena hal ini tak baik untuk tulang khususnya, karena soda ini mengandung  phosporic acid yang bisa mengganggu penyerapan kalsium sehingga bisa berdampak pada tulang menjadi keropos dan osteoporosis untuk jangka panjang.

3. Makanan Yang Terasa Manis
Rasa manis Buatan pada makanan memang menghambat penyerapan kalsium, fosfor dan mineral ke tulang sehingga sangat tidak baik untuk keberlangsungan tulang untuk mendapatkan asupan harian tulang, jangka panjang dapat memuat tulang keropos dan mengalami osteoporosis , bila ingin makanan yang manis maka cari manis yang alami yang terdapat pada buah misalnya.

4. Minuman Kopi Dan Teh
Kopi dan teh memang sering menemani konsumsi minuman tiap hari, namun dalam mengkonsumsi ini berlebihan dapat mengganggu penyerapan kalsium ke tulang sehingga tulang menjadi keropos dalam jangka panjang.

5. Makanan Yang Mengandung Kacang-Kacangan
Boleh-boleh saja mengkonsumsi kacang-kacangan karena juga baik untuk tumbuh pada umumnya namun juga tak baik untuk keberlangsungan tulang bila dalam memasaknya kurang tepat, kandungan phytate yang terdapat pada kacang-kacangan yang bisa membuat penyerapan kalsium oleh tubuh kurang maksimal sehingga mengganggu keberlangsungan kesehatan tulang secara tidak langsung, kandungan phytate ini bisa di tekan atau dihilangkan dengan cara meredam kacang dengan air dan biarkan lama sampai berjam-jam setelah itu masak sesuai selera.

6. Hindari Makanan Yang Banyak Mengandung Asam Oksalat
Makanan yang banyak mengandung asam oksalat ini seperti bayam, kacang tanah, singkong, kentang, seledri, kacang mete, kacang buncis, anggur, kiwi dan masih banyak lagi. Bukanya tak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung asam oksalat tersebut namun alangkah baiknya batasi karena asam oksalat membuat penyerapan kalsium oleh tubuh menjadi kesulitan sehingga berpengaruh terhadap keberlangsungan kesehatan pada tulang.
ARTIKEL TERKAIT