12 Cara Sederhana Merawat Gigi Agar Tetap Bersih, Putih, Kuat Dan Sehat

image : en.wikipedia.org

Gigi merupakan organ yang berfungsi untuk mengunyah makanan dan hal ini merupakan organ penting karena bila sampai sakit maka pastinya tak dapat mengunyah makanan dengan maksimal yang tentunya berakibat pada kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Gigi berlubang, berkerak, plak ini yang kerap membuat gigi rusak, alangkah baiknya di dalam merawat gigi ini sebaiknya mencegah dari pada mengobati tentunya dengan cara berikut ini :
 
1.Rutin Memeriksakan Gigi Ke Dokter
Sangat penting didalam merawat gigi juga memiliki perawatan rutin dan berkala dalam menjaga kesehatan gigi, sedangkan perawatan gigi ini diperiksakan ke dokter gigi yang dipercaya dalam kurun waktu 6 bulan sekali agar kesehatan gigi ini tetap terjaga.

2. Pilih Pasta Gigi Berflorida
Penggunaan pasta gigi berflorida bertujuan untuk menjaga gigi kuat dan putih bersih sangat dianjurkan bagi anak-anak.

3. Tester Kebersihan Gigi Dengan Lidah
Lidah memang banyak sekali fungsinya selain untuk membantu mengunyah makanan juga bisa untuk tester gigi tentunya dengan cara usapkan lidah ini ke segala penjuru gigi bila terasa halus, licin atau kasar dan misalkan kasar berarti kondisi gigi tidak dalam kondisi  bersih dan perlu pembersihan atau perawatan lagi dan bila kondisi halus atau licin berarti gigi dalam kondisi bersih.

4. Hindari Menyikat Gigi setelah Minuman Asam
Minuman asam seperti minuman bersoda memang memberi dampak pada gigi kurang baik karena dapat menghilangkan kalsium dari enamel gigi, tapi jangan kuatir karena air liur ini mampu mengembalikan meneral yang hilang tadi, maka dari itu sebaiknya setelah minum minuman bersoda maka hindari sikat gigi minimal 1 jam lebih.

5. Cukupi Konsumsi Air Dalam Tubuh
Bila dalam mengkonsumsi air cukup maka tubuh tak akan mengalami dehidrasi, sedangkan dampak dehidrasi dalam tubuh ini mampu membuat masalah kesehatan khususnya di area mulut bisa membuat lapisan bagian murkosa menjadi lembab sehingga gigi mudah terserang kuman dan gigi mudah membusuk atau sakit.


6. Menggosok Gigi Dengan Rutin
Untuk menjaga gigi agar kondisi sehat dan putih alangkah baiknya rutin menggosok gigi 3 kali sehari terutama saat bangun pagi dan mau tidur malam jangan lupa untuk mengunakan pasta gigi.

7.Hati-Hai Dalam Mengunakan Tusuk Gigi
Setelah makan pastinya pernah mengalami sisa makanan tersangkut di sela-sela gigi dan penyelesaiannya pastinya mengunakan tusuk gigi, ketahuilah bahwasanya penggunaan tusuk gigi sangat berisiko melukai gigi sehingga bisa menyebabkan penyakit lainya, alangkah baiknya dalam menghilangkan sisa makanan yang terselip di gigi dengan berkumur dengan air bersih secara berulang-ulang.

8. Setelah Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Manis Sebaiknya Berkumur
Tentunya kehidupan ini tak bisa lepas dari mengkonsumsi makanan dan minuman manis, ketahuilah manis ini sangat tak baik untuk kesehatan gigi yang tentunya dapat membuat gigi membusuk dan berlubang karena manis ini dapat membentuk meningkatnya asam pada mulut yang berpengaruh untuk merusak gigi dan untuk mencegah hal ini sebaiknya berkumur setelah makan atau minum yang manis.

9. Pakai Selalu Obat Kumur
Ketahuilah mengunakan obat kumur ini bertujuan untuk membersihkan sisa bakteri dan kuman yang merugikan gigi terutama yang terdapat pada area gigi yang sulit di jangkau sikat gigi saat membersihkan gigi.

10. Hindari Hal-Hal Yang Merusak Gigi
Hindari miras, merokok, memotong dengan gigi, menggigit uang logam dan lain sebagainya karena hal ini sangat tak baik untuk kesehatan gigi yang tentunya bila hal ini kerap dilakukan maka dapat membuat kerusakan pada gigi dan memang tak instan kerusakan ini namun sifatnya perlahan-lahan.

11. Hindari Makan Yang Terlalu Panas, Dingin Dan Keras
Makanan dan minuman yang super panas, dingin dan keras memang dapat membuat gigi  cepat rusak seperti gigi putus atau retak apalagi dalam sekali makan ini terdapat makanan dan minuman yang super panas dan dingin.

12. Pilihlah Alat Pendukung Pembersih Gigi Yang Bermerek
Memilih sikat gigi, pasta gigi dan obat kumur sebaiknya yang bermerek karena perusahaan mengeluarkan barang tersebut sudah mengalami uji kelayakan dan standardisasi yang baik sehingga sangat mudah dan tepat dalam mengaplikasikan-ya ke gigi sehingga gigi benar-benar tepat dalam perawatan.

ARTIKEL TERKAIT