12 Penyebab Sakit Kepala Yang Sering Di Rasakan

image : www.just-health.net

Sakit kepala pastinya kerap menyerang dan bisa dalam segala kondisi yang pastinya sangat sakit dan mengganggu kita dalam melaksanakan aktivitas harian terutama. Kondisi sakit kepala ini memang banyak sekali penyebabnya mulai dari kondisi tubuh, aktivitas yang dikerjakan dan faktor lingkungan. Terjadinya sakit kepala kadang juga akibat sakit yang lainnya, namun penyebab sakit kepala yang umum dirasakan adalah sebagai berikut :
 
1. Pergerakan Tubuh Yang Kurang Tepat
Posisi tidur yang kurang tepat dan mengunakan bantal dengan benda keras juga bisa memicu sakit kepala karena aliran darah ke otak tak normal.

2.  Keadaan Perut Kosong Terlalu Lama
Biasanya perut kosong ini kerap terjadi saat makan di tunda-tunda terlebih sarapan pagi karena hal ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah juga bisa memicu naiknya asam lambung sehingga dalam kondisi seperti ini mudah terserang sakit kepala

3. Dehidrasi
Saat kita banyak mengeluarkan keringat dan tak diimbangi dengan minum air putih yang cukup maka bisa menyebabkan tubuh lemas, mata berkunang-kunang  dan sakit kepala, terutama dehidrasi dalam melakukan aktivitas fisik, seperti berlari, mengangkat beban berat.

4. Asap Rokok
Bagi yang memiliki riwayat migrain pastinya sangat disarankan untuk menghindari asap rokok karena asap rokok ini bisa membuat penyempitan pembuluh darah dalam otak sehingga sangat mungkin terkena sakit kepala.

5. Bau Yang Sangat Menyengat
Mencium bau cat yang masih baru seperti bisa di pagar rumah, pintu dan cat kendaraan, memang kondisi ini bisa mempengaruhi indra penciuman yang seperti mengalami penolakan dan tak nyaman sehingga bisa memicu terjadinya sakit kepala.

6. Terlalu Kencang Mengikat Rambut Kepala
Khususnya bagi yang memiliki rambut panjang dan hobi mengikat rambut karena bila mengikat rambut terlalu kencang dapat mempengaruhi saraf di otak dan kepala sehingga bisa memicu terjadinya sakit kepala.

7. Kurang Tidur
Kebiasaan begadang yang tak ada artinya tidak disarankan dan jangan kerap dilakukan terlebih istirahat atau tidur yang kurang saat pagi atau siang, dalam kondisi seperti ini juga kerap mengundang sakit kepala.

8. Melakukan Aktivitas Tubuh Yang Berlebihan
Pekerjaan-pekerjaan atau aktivitas yang menguras tenaga seperti mengangkat beban yang terlalu berat namun tetap dipaksakan, berlari cukup jauh dan lama tanpa ada jeda istirahat, semua ini tentunya dapat mempengaruhi kondisi tubuh dalam bekerja yang tak selayaknya mulai dari aliran darah, jantung, otot dan lain sebagainya sehingga bisa memicu sakit kepala.   

9. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Bagi penyuka minuman-minuman beralkohol pastinya kerap merasakan sakit kepala terutama saat dan sesudah minum alkohol karena hal ini dapat menaikan tekanan darah ke otak, semakin banyak mengkonsumsi minuman beralkohol semakin cepat terkena sakit kepala.

10. Terlalu Lama Melihat Layar Kaca Komputer, HP Dan Sejenisnya
Kebiasaan melihat layar kaca di HP atau Layar Komputer dan dibarengi dengan pikiran yang tegang sangat cepat mengundang sakit kepala terlebih terlalu lama dalam melihat layar.

11. Pikiran Dan Fisik Terlalu Capek Atau Lelah
Ketahuilah bahwasanya tubuh dan pikiran juga butuh istirahat atau bisa untuk santai sejenak karena dengan pikiran dan fisik yang lelah atau capek dan tetap dipaksakan untuk beraktivitas yang menguras pikiran dan tenaga maka sangat mungkin untuk terkena sakit kepala.

12. Tubuh Yang Terlalu Kepanasan Akibat Terkena Sinar Matahari
Memang bila cuaca terlalu panas terutama tepat di jam 12 siang bila kita sedang diluar rumah maka tubuh akan merasakan panas terlebih kondisi tubuh yang kurang sehat sangat mudah mengundang sakit kepala, apalagi bila tak terbiasa kepanasan
ARTIKEL TERKAIT