16 Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Punggung

image : www.remediesforme.com

Sakit punggung pastinya membuat punggung terasa kaku dan nyeri terutama disaat punggung digerakkan bahkan buat jalan atau aktivitas ini terasa sakit, penyebab sakit punggung ini banyak sekali penyebabnya. Anehnya sakit punggung ini bisa hilang sendiri tanpa kita obati namun sakit punggung yang tidak serius dan hal ini mungkin karena kecapaian. Sakit punggung banyak terjadi pada usia dewasa dan penyebabnya bisa karena penyakit yang diderita. Sakit punggung ini terjadi kebanyakan disebabkan adanya permasalahan di bagian tulang yang menyatu dengan otot, tendon, saraf dan bila hal ini tak serius terjadi permasalahan maka cepat sembuh biasanya 1 minggu sampai 2 bulan, dan berikut ini penyebab dan cara mengobati bila punggung terasa sakit yang tak serius.  

PENYEBAB SAKIT PUNGGUNG
1.Faktor Usia
2. Aktivitas terlalu lama Dan Rutin dalam posisi membungkuk
3. Melakukan gerakan yang tiba-tiba dan dipaksa terutama membalikkan badan
4. Melakukan gerakan yang salah terutama saat membawa, mengangkat, mendorong, menarik sesuatu.
5. Posisi duduk yang kurang tepat
6. Melakukan perengangan tubuh yang berlebihan
7. Kelalaian diri sendiri seperti terjatuh, terkena benda keras dan Keseleo atau terkilir
8. Posisi tidur yang kurang tepat

CARA MENGOBATI SAKIT PUNGGUNG
9. berjalan Santai
Lakukan olah raga santai ini di pagi hari sambil menghirup udara yang segar dan rasakan manfaatnya selain bisa membuang rasa malas dan menambah mood juga sangat baik untuk memperkuat otot di kaki, pantat, perut, dan punggung yang sangat baik untuk memulihkan punggung yang sakit tak hanya itu juga membuat aliran darah bisa berjalan lancar.

10. Kompres Dengan Es
Mengompres dengan es bertujuan untuk menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan di bagian punggung mungkin akibat jatuh atau yang lainnya seketika itu, lakukan pengompresan dengan membalut es dengan kain dan tempel-kan di punggung dan lakukan hal ini sampai rasa nyeri dan pembengkakan hilang.

11.Kompres Dengan Air Hangat
Kompres dengan air hangat ini, setelah melakukan kompres dengan es yang tentunya sudah tak merasakan pembengkakan, namun rasa sakit di punggung semakin sakit dan kompres dengan mengunakan air hangat bertujuan untuk menormalkan aliran darah dan melemaskan otot di sekitar punggung yang sakit.

12. Tetap Aktif
Bila sakit punggung dirasa belum begitu parah maka tetaplah aktif dengan demikian otot akan semakin kuat bahkan punggung yang terasa sakit bisa hilang dengan sendirinya, namun bila tetap aktif justru membuat punggung terasa sakit maka hentikan dan konsultasikan ke dokter.

13. Melakukakan Pemijatan Dengan Spesialis Pemijatan
Percaya atau tidak seseorang ada yang diberkati dengan keahlian pemijatan yang tentunya sudah teruji secara umum dan solusi ini bisa di coba dan bila ragu maka pijat sendiri secara perlahan-lahan bagian punggung yang sakit yang tidak serius mungkin akibat kecapaian.

14. Pakai Obat Pereda Nyeri
Sekarang banyak sekali obat yang bisa untuk meredakan nyeri di punggung dan bisa untuk alternatif dan untuk jenisnya bisa seperti kapsul, balsem, dan koyok bila hal ini sudah diterapkan masih saja sakit bahkan semakin menjadi parah maka konsultasikan dengan dokter.

15. Bersemangat Sembuh Dalam Menghadapi Punggung Nyeri Atau Sakit
Jangan takut bila kedapatan punggung sakit secara tiba-tiba dan selalu berfikir positif dalam menyikapi hal ini karena dengan demikian maka rasa sakit di punggung sangat mudah diusir dibanding kita merasa kuatir dan ketakutan dalam menyikapi rasa nyeri atau sakit di punggung ini.   

16 Lakukan Pola Hidup sehat
Bila punggung terasa sakit maka hindari hal-hal yang beraktivitas berat juga hindari merokok, minuman alkohol juga lakukan istirahat yang cukup dan usahakan untuk tidur dengan alas yang empuk.
ARTIKEL TERKAIT