7 Kerugian Stres Pada Kesehatan Otak

image : www.shape.com

Zaman Now pastinya membuat orang semakin mudah terkena stres terutama di pekerjaan karena tingginya persaingan tidak hanya itu masalah lain juga banyak yang bisa membuat stres seperti rumah tangga dan percintaan. Stres bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu juga sangat tak baik untuk kesehatan tubuh terutama bagian otak yang dimana sangat fatal dan bisa memicu berbagai penyakit.

Alangkah baiknya pintar-pintar kita untuk minimalis stres sehingga saat stres melanda kita masih bisa menghadapi dengan baik, sebaiknya di saat stres menyerang anda jangan terlalu terbawa kondisi stres yang lebih parah dan hal ini bisa dicegah dengan banyak keceriaan seperti berlibur, olah raga, senam yoga atau senam pernafasan dan jangan lupa selalu dekatkan diri dengan TUHAN dengan cara melakukan perintahnya dan menjauhi larangan-ya.

Memang stres memberi dampak buruk pada kesehatan tubuh khususnya di otak terlebih kita sering mengalami stres dan berikut dampak buruk yang terjadi pada otak bila sering mengalami stres diantaranya sebagai berikut :       

1.Mempengaruhi Kesehatan Jantung
Saat stres terjadi aliran darah ke otak menjadi berkurang sehingga jantung harus bekerja lebih ekstra sehingga akan membuat jantung berdetak kencang dan lebih cepat dalam kondisi ini yang bisa menyebabkan serangan jantung, bila hal ini kerap terjadi bisa mengancam nyaman.

2. Sulit Bernafas
Sering kali saat kita mendapat tekanan dari bos membuat kita menjadi stres terkait pekerjaan hal ini juga bisa berdampak pada sulitnya bernafas secara normal kala itu dan penyebabnya karena aliran oksigen ke otak menjadi terganggu yang tentunya akan membuat jantung bekerja ekstra dalam membantu menyalurkan oksigen hal ini berdampak tubuh menjadi lemas, jantung berdebar-debar dan kesulitan bernafas secara normal.

3. Otak Kesulitan Untuk Konsentrasi
Kondisi stres sering kali membuat kita kesulitan untuk konsentrasi ini disebabkan karena bagian otak ada yang mengalami penyusutan dalam jangka waktu tertentu juga mempengaruhi otak secara motorik seperti otak kesulitan berfikir untuk merencanakan sesuatu hal baru dan stres ini bisa dari trauma.

4. Melemahkan Daya Ingat
Stres juga bisa membuat daya ingat melemah sehingga terjadi demensia dan alzheimer ini disebabkan karena adanya peningkatan glukokortikoid dan penyebabnya ujung saraf sangat kesulitan untuk bertemu dengan ujung saraf yang lainnya, juga berdampak untuk kesulitan mengingat hal-hal baru yang sudah dikerjakan.

5. Bisa Menyebabkan Saraf Terjepit
Ketahuilah saat stres melanda anda juga bisa membuat saraf dan pembuluh darah bisa menyusut atau terjepit secara bersamaan sehingga akan mempengaruhi pasokan darah, nutrisi dan oksigen ke otak tersendat dalam kondisi ini bisa terserang penyakit stroke.

6. Bisa Membuat Depresi
Depresi bisa terjadi karena adanya pelepasan endorfin yang menyebabkan mudah marah, merasa kegagalan dalam segala hal juga meningkat korsitol di otak menjadi meningkat yang mempengaruhi metabolisme dalam tubuh tak normal sehingga orang yang mengalami depresi sulit untuk berfikir normal juga kelihatan lesu.

7. Merusak Sel Otak
Kondisi stres bisa membuat orang gelisah dan bingung hal ini disebabkan karena adanya pelepasan hormon glukokortikoid secara bertahap sehingga melemahkan sel-sel otak dan jangka panjang bisa membuat sel tidak bisa bekerja secara mestinya atau mati.
ARTIKEL TERKAIT