7 Penyebab Orang Mudah Lupa

image : healthy-magazines.com

Lupa memang hal yang patut untuk dimaklumi namun bila sering kelupaan perlu sekali untuk memperbaiki diri agar tak merugikan diri sendiri dan orang lain. Lupa memang sifat manusia namun bila keseringan lupa tak segera diatasi pastinya kedepan-ya semakin parah. Perihal tentang lupa pastinya memiliki banyak sebab yang dimana seseorang semakin hari semakin parah hal lupa tersebut dan berikut penyebab orang menjadi pelupa.
 
1.Terlalu Banyak Konsumsi Obat
Mengkonsumsi obat boleh-boleh saja namun bila keseringan tentunya memiliki efek samping yang bisa membuat mudah lupa apa lagi mengkonsumsi obat yang berjenis penenang dan antidepresen dan obat untuk kencing hal ini sangat rentan untuk terkena mudah lupa.

2. Tidur Yang Tak Nyenyak
Gangguan tidur, terutama sulit untuk tidur hal ini akan membuat kita untuk mengkonsumsi obat dan bila hal ini terjadi terus menerus seperti ketagihan maka juga rentan memiliki resiko terkena penyakit mudah lupa, bila memiliki keluhan sama tidur sebaiknya konsultasi-kan ke dokter agar mendapat pengobatan yang tepat khususnya obat yang diminum.

3. Depresi
Depresi merupakan kondisi yang mempengaruhi memori otak yang dibarengi dengan perasaan kesedihan, tidak merasakan kesenangan, sulit konsentrasi bahkan hal yang paling buruk mempengaruhi pola pikir yang sehat dan hal ini tentunya bisa membuat memori  otak tidak bisa bekerja secara normal yang berujung ke hal mudah pelupa dan bila kondisi seperti ini anda rasakan segera konsultasi-kan ke dokter agar cepat dan tepat dalam penanganan.

4. Rutin Mengkonsumsi Minuman Alkohol Berlebih
Lihatlah orang di sekitarmu yang memiliki kecenderungan sering mengkonsumsi alkohol pastinya memiliki daya ingat yang lemot dan cenderung mudah lupa, karena orang yang mabuk karena alkohol pastinya pemikirannya tak bisa seratus 100% dan sering ngaltur seakan-akan antara otak dan bibir sudah tak sinkron.

5.Sering Mengalami Stres
Kondisi stres memang tak mengenakan apalagi yang kerap mengalami stres bisa terkait karena pekerjaan atau masalah pribadi hal ini memang mempengaruhi perasaan dan otak terutama dalam berfikir yang tentunya bisa mempengaruhi daya ingat, bila kondisi ini kerap terjadi maka cenderung akan sering kelupaan dalam segala hal.

6. Kelelahan Yang Berlebih
Dalam menjalani aktivitas sehari-sehari pastinya membuat kita mudah lelah fisik dan pikiran, bila kondisi ini kerap kita rasakan maka bisa membuat masalah kesehatan yang baru bahkan bisa membuat stres dan kondisi ini bisa membuat menurunnya daya ingat dan dalam jangan panjang bisa memicu perihal lupa.

7. Kurangnya Olah Raga
Olah raga memang perlu agar kondisi tubuh menjadi sehat dan juga bisa membuat tambah bahagia hal ini sangat baik sekali untuk keberlangsungan organ tubuh, hal ini akan memberi dampak pada peningkatan kualitas pada semua indra. Ingat orang yang malas khususnya berolahraga dan memiliki pola hidup tak sehat cenderung malas dalam melakukan segala hal juga kurang cakap dalam memperlakukan indra, kondisi ini bila dibiarkan tentunya bisa mempengaruhi kita menjadi pelupa karena otak tidak sering digunakan sebagai mestinya.
ARTIKEL TERKAIT