8 Tips Ampuh Mengatasi Bayi Yang Susah Makan

image : www.motherforlife.com

Bayi yang masih balita memang pada umumnya susah dalam makan sehingga membuat bayi mengalami penurunan dalam bobot dan kekurangan gizi, vitamin juga asupan lainnya, hal ini bila berjalan cukup lama maka bisa membuat kondisi bayi semakin memperhatikan. Tidak sedikit orang tua melakukan beberapa cara untuk membuat si bayi tersebut tidak malas dan hasilnya ada yang berhasil dan gagal namun dalam intinya dalam melakukan hal ini butuh kesabaran dan ketelatenan dan berikut ini tips yang perlu dicoba diantaranya sebagai berikut :

1. Hindari Memberi Makanan Yang Monoton
Memberikan makanan pada bayi  dalam menu sama hal ini akan berdampak pada kebosanan  bayi tersebut malas untuk makan walaupun sebenarnya bayi tersebut masih belum kenyang, bila hal ini terjadi terus menerus dalam kehidupan keseharian-ya maka bisa membuat anak tersebut bisa mengalami penurunan bobot dan bisa kurang gizi. Memberikan menu makanan yang berbeda setiap hari pada bayi pastinya memiliki dampak yaitu membuang rasa bosan sehingga si bayi akan lahap dalam makannya.

2.Sajikan Makanan Dalam Bentuk Menarik
Memang bayi tertarik pada hal-hal baru dan unik entah itu hal baik atau buruk maka dari itu hal ini bisa kita gunakan untuk menyiasati pada makanan bayi setiap hari seperti merubah warna makanan, membentuk makanan dengan bentuk yang disukai bayi seperti tokoh kartun dan hewan juga cari wadah makanan yang menarik juga sendok dan tempat minum dengan demikian maka bayi tersebut akan lahap makanya.

3. Jangan Tolak Bila Si Bayi Minta Makan
Memang bayi memiliki pemikiran yang unik yang dimana disaat jam makan dia malas untuk makan, namun bila ada orang bisa teman, anggota keluarga sedang makan biasanya bayi ini juga ikut mau makan dan hal ini biarkan namun ambil makanan khusus untuknya dan sanding-kan dengan orang dewasa yang sedang makan, untuk hasil yang maksimal suapin si bayi tersebut.

4. Beri Makanan Tambahan selain Makanan Pokok
Memberikan makanan tambahan di selain makanan pokok merupakan hal yang baik dan positif namun dalam memberikan makanan tambahan harus sesudah bayi tersebut makan makanan pokok juga pilih makanan tambahan ini yang kaya akan gizi dan vitamin hal ini bisa dalam bentuk susu, roti, dan buah dengan demikian makanan kebutuhan gizi dan vitamin dari makanan pokok yang kurang  bisa terkaver dengan makanan tambahan tersebut dan makanan tambahan ini sangat disukai bayi pada umumnya.

5. Cari Tempat Favorit Bayi
Bila si bayi malas untuk makan bisa anda pergi ke tempat yang disukai bayi seperti alam terbuka, ke tempat yang bayak permainan dan warna warni hal ini bertujuan untuk membuang malas untuk makan sehingga bayi tersebut akan lahap makan karena pikirannya asik dengan tempat baru tersebut.

6. Hindari Memberi Porsi Makanan Yang Lebih
Memberikan makanan pada bayi memang tak baik bila berlebih alangkah baiknya sesuai takaran dengan demikian maka bayi tersebut terhindar dari muntah akibat kekenyangan dan hal ini juga tak baik untuk kelangsungan bayi tersebut juga bila memberikan makanan dengan takaran yang berlebih membuat makan jam berikutnya menjadi malas karena masih kenyang dan ketahuilah sistem pencernaan pada bayi tak sama dengan orang dewasa.

7. Berikan Makanan Yang Sesuai Jadwal
Bayi juga harus tepat dalam memberikan makanan yaitu 3 kali sehari dan beri makanan tambahan sesuai kebutuhan bila hal ini bisa terlaksana sangat baik untuk pertumbuhan bayi tersebut. Bila dalam memberikan makan tidak teratur sesuai jam makanan bila kerap terjadi dan sudah menjadi kebiasaan maka bisa mempengaruhi pertumbuhan, juga bisa membuat bayi tersebut tak berselera untuk makan.

8. Ajak Untuk Komunikasi
Memang hal ini perlu dicoba dalam membuang malas pada bayi saat makan, seperti menyanyi mengajak-nya berbicara dengan bahasa bayi yang dia mungkin mengerti terutama dalam hal makan hal ini bisa untuk membujuk si bayi untuk makan dengan lahap.

ARTIKEL TERKAIT