Luka Bernanah, Berikut 5 Cara Alami Untuk Mengobati-nya

image : www.healthrid.org

Pastinya pernah mengalami luka yang bernanah bisa disebabkan oleh jatuh, ke-tusuk benda tajam atau pun tumpul memang pada awalnya kelihatan lebam namun lama-kelamaan bisa menjadi bernanah, hal tersebut terjadi reaksi kekebalan tubuh dengan bakteri sehingga menjadi bernanah hal ini juga terdapat rasa nyeri bahkan membuat tubuh adem panas (meriang), bila kondisi ini dibiarkan maka bisa terjadi infeksi yang lebih parah maka dari alangkah baiknya obati dengan bahan alami yang murah meriah dan aman, diantaranya sebagai berikut:
 
1.Kunyit
Kunyit merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat tidak hanya sebagai bumbu dapur namun juga sering digunakan untuk obat herbal dengan campuran  bahan herbal lainnya dan hal ini sudah menjadi resep obat turun temurun dari leluhur. Dengan se-gudang manfaat kunyit juga bisa untuk obat luka yang bernanah dengan cara siapkan kunyit beberapa rimpang sesuai kebutuhan yang masih segar dan cuci bersih setelah itu parut dan peras untuk diambil airnya, lalu oleskan pada luka yang bernanah dan biarkan, lakukan hal ini sampai luka bernanah kering dan sembuh.

2. Garam Dan Air Hangat
Pastinya tak asing lagi dengan nama garam karena garam banyak sekali manfaatnya selain untuk bumbu  masakan dan kesehatan juga bisa untuk penetralisir mahluk gaib. Rasa asin merupakan ciri khas dari garam karena berasal dari air laut dan ketahuilah bahwasanya garam juga ampuh untuk mengobati luka bernanah karena garam sebagai zat anti bakteri dan dalam mengaplikasikan terhadap luka bernanah sangat mudah yaitu ambil garam secukupnya dan rendam dengan air hangat dan aduk sampai air hangat dang garam menyatu setelah itu bisa untuk membersihkan luka yang bernanah atau rendam luka bernanah tersebut,  lakukan hal ini 3 kali sehari agar mendapat hasil yang maksimal.

3. Bubuk Kopi Murni
Bubuk kopi  memang memiliki rasa yang pahit namun bila di seduh dengan air hangat dan dicampur dengan sedikit gula maka rasa pahit akan hilang dan menjadi rasa manis, enak juga mantap. Minuman kopi memang memiliki nilai kadar kafein tinggi namun juga memiliki beberapa manfaat seperti membuat kita terjaga, menambah mood dan lain sebagainya, tidak hanya itu bubuk kopi murni ini juga bisa untuk mengobati luka bernanah dengan cara siapkan bubuk kopi murni (bukan kopi sasetan) dan taburkan pada luka bernanah yang sudah dibersihkan sampai luka bernanah tertutup bubuk kopi juga hindarkan dari air, bila terjadi reaksi dimana luka semakin parah mungkin karena alergi maka hentikan pengobatan dan cari alternatif lain.

4. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih selain untuk menghangatkan badan juga sering digunakan untuk mengobati rasa gatal-gatal karena gigitan serangga, mengobati perut  kembung pada bayi , rasa nyeri, dan mengobati infeksi bagian luar tubuh,  yang jelas minyak kayu putih sebagai obat luar tubuh dalam pemakaiannya. Luka bernanah pun bisa diobati dengan minyak kayu putih dan caranya sangat mudah yaitu olesi luka bernanah dengan minyak kayu putih, untuk hasil yang maksimal bisa digunakan saat tidur malam dan hentikan pengobatan bila luka tak kunjung sembuh atau terasa amat panas pada luka bernanah tersebut.

5. Bawang Putih
Bawang putih pastinya sudah tak asing lagi bagi kita karena sering kali dijumpai di bumbu dapur yang sering digunakan untuk melengkapi masakan tak hanya itu bawang putih juga baik untuk kekebalan tubuh. Bawang putih juga mampu untuk mengobati luka yang bernanah dengan cara siapkan beberapa bawang putih yang masih segar dan kupas setelah itu tumbuk atau parut sampai halus dan oleskan pada luka yang bernanah alangkah baiknya gunakan saat mau tidur malam untuk hasil maksimal. 

ARTIKEL TERKAIT