7 Makanan Penyebab Sembelit

image : www.quickanddirtytips.com

Pernahkah di pagi hari yang semula keadaan perut normal-normal saja, namun setelah mengkonsumsi makanan tertentu membuat perut sakit, bahkan terasa sakit saat BAB juga BAB yang tak bisa di tahan ? kondisi ini bisa dikatakan anda sedang mengalami sembelit. Sembelit juga membuat kita kurangnya nyaman terlebih di saat kita lagi aktivitas atau dalam keadaan lainnya. Sembelit juga pastinya memiliki penyebab dan penyebab yang paling umum yaitu sering dan mengkonsumsi makanan sejenis dalam jumlah banyak diantaranya sebagai berikut ini :
 
1.Daging
Jenis makanan ini memang sangat lama di proses di saluran pencernaan, apalagi daging yang pengolahan-ya kurang matang 100%, hal ini akan sulit dicerna ditambah bila mengkonsumsi daging terlalu banyak maka sangat mudah terkena sembelit yang dirasa.

2. Pisang Yang Belum Matang
Boleh dicoba bila ingin merasakan sembelit, makan pisang yang belum matang terutama di pagi hari, ini disebabkan  karena pisang yang belum matang banyak mengandung pati  dan pati dalam pisang ini sangat mudah membuat perut sembelit, bila ingin mengkonsumsi pisang sebaiknya pilih pisang yang bebar-benar matang.

3. Kopi Yang Mengandung Kafein Tinggi
Konsumsi kopi berlebihan terutama di pagi hari memang mudah terkena sembelit karena membuat sistem pencernaan mengalami dehidrasi dan kondisi ini sangat mudah mengalami sembelit.

4. Makanan Yang Banyak Mengandung Lemak
Memang lemak ini sangat mudah menaikkan kolesterol tidak hanya itu kandungan lemak yang banyak dalam tubuh juga mempengaruhi kinerja sistem pencernaan, dalam kondisi ini sangat mudah terkena sembelit.

5. Makanan Yang Terlalu Manis
Pernahkah anda merasakan setelah makan makanan yang terlalu manis terasa ingin muntah juga makanan yang terlalu manis juga tak baik untuk diabetes dan bisa memicu perut sembelit terlebih mengkonsumsi nya berlebihan.

6. Susu
Susu memiliki rasa yang manis juga merupakan tinggi lemak, apa lagi yang memiliki alergi sama susu sebaiknya jangan paksakan untuk mengkonsumsi susu tersebut, hal ini juga mudah membuat terkena sembelit.

7. Nasi Putih
Pastinya pernah merasakan makan nasi yang terlalu over yang dimana merasakan perut terasa kekenyangan sehingga membuat kita tak nyaman juga membuat perut terasa sakit terutama dibuat untuk aktivitas, memang nasi merupakan  makanan pokok yang hampir kita konsumsi setiap hari juga nasi ini sedikit mengandung serat dan kondisi ini semua bisa membuat kita terkena sembelit.
ARTIKEL TERKAIT