7 Persiapkan Yang Harus Disiapkan Sebelum Melahirkan

seratu.com
ilustrasi

Bagi calon ibu dan ayah pertama-kali pastinya dalam proses melahirkan ini membuat kita bahagia dan perasaan harap-harap cemas karena tidak sedikit melahirkan ini berjalan tidak normal karena berbagai hal bisa terjadi, padahal prediksi dokter bisa berjalan dengan baik dan normal namun bila terjadi diluar prediksi terjadi itu semua pastinya sudah menjadi suratan takdir. Alangkah baiknya dalam menangani hal ini kita sebagai calon ibu dan ayah harus bisa maksimal dalam persiapan untuk kelahiran anak kerena dengan persiapan yang maksimal maka bisa mendapat hasil yang terbaik. Dan persiapan yang harus disiapkan diantaranya sebagai berikut :  

1.Mental
Persiapan mental yang harus di kuatkan terlebih pada pengalaman pertama melahirkan dan persiapan mental ini bisa menerima apapun hasilnya bisa hal positif dan negatif, pastinya dalam proses melahirkan ini seperti bertaruh nyaman namun bila kesiapan sudah 100% seperti mendekatkan diri  dan berdoa pada ALLAH SWT, mempersiapkan segala sesuatu mulai dari kontrol rutin dan mengetahui ada kendala atau tidak pada bayi itupun ibunya juga persiapan materi untuk proses melahirkan dan sehabis melahirkan dengan persiapan yang matang maka mental bisa lebih siap dan pikiran menjadi tenang dalam menghadapi proses melahirkan, usahakan jauhkan dari rasa stres pada ibu yang mau melahirkan.

2. Memahami Proses Melahirkan
Bagi pertama dalam hamil pastinya bertanya-tanya perihal dalam pantangan, aktivitas apa yang boleh dikerjakan bahkan yang paling menegangkan saat proses melahirkan, namun bila sudah mengetahui atau pernah melahirkan pastinya tidak begitu bingung dalam menghadapi hal ini semua. Dalam mencari ilmu tentang ibu hamil sampai melahirkan sangat penting dan hal ini bisa mengikuti kelas yang disarankan oleh dokter atau bisa share dari ibu yang pernah melahirkan atau cari di internet sebagai bahan tambahan, dalam hal ini tidak hanya calon ibu yang wajib tahu namun calon ayah juga harus memahaminya karena hal ini penting untuk kedepan-ya.

3.  Mempersiapkan Stamina Sebelum Melahirkan
Dalam proses melahirkan memang tenaga ini hampir di kuras dan bila stamina tak kuat bisa melahirkan ceasar (cs) karena sudah tak ada tenaga untuk membantu mengeluarkan bayi dari rahim, maka dari itu stamina harus dilatih sebelum melahirkan dan pelatihan ini bisa seperti mengikuti kelas hamil, tidur yang cukup, konsumi makanan yang cukup gisi dan nutrisi dan bahagia-kan pikiran saat melahirkan.

4. Memperkuat Organ Intim Untuk Melahirkan
Dalam melahirkan pastinya ada tahapan yang sering disebut masih buka 1 dan seterusnya dan hal ini otot organ intim harus diperkuat dengan cara ikut senam kegel tentunya harus dengan saran dokter.

5. Pilihlah Dokter Dan Bidan Yang Cocok
Semua dokter dan bidan pastinya sudah memiliki ilmu yang mumpuni dalam bidangnya namun perlu sekali untuk mencari dokter dan bidan yang cocok terutama yang sudah berpengalaman dalam hal ini karena pastinya kita berharap mendapat penanganan yang tepat sehingga proses melahirkan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sangat disarankan bagi yang memiliki permasalahan pada kehamilan sebaiknya kontrol pada dokter sepesial kandungan.

6.  Persiapkan Segala Sesuatu Sebelum Proses Melahirkan
Bila usia kandungan sudah memasuki 7 bulan keatas sebaiknya segala sesuatu harus sudah dipersiapkan mulai dari hal yang paling kecil kalau perlu buat daftar lis seperti  klik atau rumah sakit mana yang anda pilih untuk proses melahirkan, pakai mobil atau sepeda untuk menuju klik atau rumah sakit, persiapkan barang-barang yang diperlukan untuk melahirkan seperti, jarik dan handuk ,perlengkapan sang bayi, uang dan lain sebagainya .

7. Berdoa
Saat melahirkan pastinya sang ayah tidak boleh masuk terlebih melahirkan dengan caesar (cs) atau operasi dalam hal ini mintalah doa ke keluarga dan teman-teman supaya melahirkan ini bisa berjalan lancar dan normal juga sehat untuk ibu dan anaknya karena ALLAH SWT yang maha segalanya.
ARTIKEL TERKAIT