7 Cara Menyimpan Keju Agar Tak Mudah Jamuran, Rusak Dan Tahan Lama

image : alittlebityummy.com
Keju merupakan makanan yang sering kita temui untuk pelengkap sesuatu makanan seperti roti, pizza, Martabak Keju dan lain sebagainya, selain menambah daya tarik juga memiliki rasa enak dan gurih  juga memiliki banyak Vitamin A, B12,  selenium, fosfor,asam amino, kalsium dan mineral sehingga sangat baik untuk kelangsungan kesehatan tubuh. Keju merupakan produk olahan dari susu yang cara membuatnya memisahkan zat padat pada susu yang dilakukan saat pengentalan susu atau koagulasi.
 
Permasalahan pada keju yang paling sering terjadi adalah berjamur, keras, dan rusak dalam bentuk juga aroma, rasa dan hal ini sering terjadi karena  salah cara penyimpanan dan kurang telitinya saat membeli keju tersebut dan untuk menjawab hal ini semua simak ulasan dibawah ini : 

1. Selektif Dalam Membeli
Sering kali membeli makanan khususnya keju ini kita tak melihat tanggal kadaluwarsa karena hal ini sangat penting selain untuk mengetahui masa kadaluwarsa juga untuk mengetahui  masih berapa tahun, bulan atau hari bisa dipakai atau dikonsumsi tidak hanya itu dalam membeli keju sebaiknya juga memperhatikan kondisi keju dan bungkus atau segel masih bagus atau rusak misal bila masih bagus bisa dibeli dan bila tidak sebaiknya jangan beli.

2. Beri Minyak Zaitun Atau Canola
Pemberian minyak zaitun atau canola ini bertujuan untuk menjaga kualitas keju tatap baik dan bisa bertahan lama.

3. Hindari Menyimpan Keju Dengan Membungkus Plastik
Walaupun plastik masih baru yang digunakan untuk membungkus keju terutama dalam waktu beberapa hari ini tetap saja tak disarankan karena keju ini mengandung minyak dan lemak sehingga mengikat aroma plastik, al hasil bisa membuat keju terasa ada aroma plastik dan aroma keju tersebut tak ada.

4. Pilihlah Pembungkus Keju Yang Tepat
Pastinya pernah sisa dalam mengunakan keju ini, bila ingin kualitasnya tetap bagus maka bungkus dengan pembungkus keju seperti formaticum bila susah menemukan bisa mengunakan kertas lilin sebagai pengganti juga dalam membungkusnya jangan terlalu rapat ini semua bertujuan untuk menjaga kualitas keju agar tetap baik walaupun berhari-hari di kulkas.

5.Hindari Menyimpan Keju Tanpa Pembungkus Yang Dimasukkan Kulkas
Pemikiran bahwasanya menyimpan keju dalam kulkas ini sudah aman sehingga tak butuh pembungkus ini adalah pemikiran yang keliru, karena keju yang sudah disimpan di kulkas tanpa pembungkus juga sangat cepat berjamur .

6. Alangkah Baiknya Simpan Keju Pada Kulkas Rak Bagian Bawah (Rak Sayur)
Menyimpan keju sebaiknya pada kulkas pada rak bagian bawah karena suhunya tak terlalu dingin dibanding rak-rak di atasnya dan hal ini biasanya terletak dibagian bawah sendiri, ini bertujuan untuk menghindari keju menjadi membeku sehingga akan mudah dalam menyajikannya.

7. Belilah Keju Secukupnya
Dalam membeli keju alangkah baiknya belilah secukupnya paling tidak seminggu sudah habis dan beli lagi yang baru, ini bertujuan untuk mendapat kualitas keju yang baik dan tetap segar.

PENTING !!!
Bila memiliki keju berjamur maka jangan langsung dibuang karena masih bisa dikonsumsi dengan cara buang bagian yang berjamur lalu bagian keju yang tak berjamur masih tetap rasa atau aroma-nya bila berubah maka buang dan bila rasa dan aroma masih ok maka bisa simpan dengan bungkus yang baru atau segera konsumsi.

Hindari menyimpan keju di tempat terbuka selain mudah jamur juga kesukaan serangga, nah bagi yang tak punya kulkas maka bisa membeli seperlunya saja.
ARTIKEL TERKAIT