Ketahui 12 Makanan Yang Tak Mudah Basi

image : en.wikipedia.org

Makanan sering kali menjadi kebutuhan setiap hari kita untuk melanjutkan hidup ini, makanan yang kita konsumsi  bisa dalam bentuk apapun yang penting menyehatkan juga makanan ini berbagai macam jenisnya ada yang berbentuk cair dan non cair dan hal ini sering kita temui. Ketahuilah bahwasanya dalam memilih makanan ini sebaiknya pilihlah jenis makanan yang memiliki ketahanan yang lama, terlebih ingin menyimpannya karena tak takut basi atau kadaluwarsa sehingga tak akan merepotkan dan hal ini terdapat pada makanan tertentu diantaranya sebagai berikut:
 
1.Kurma
Makanan khas dari arab ini memang tergolong memiliki ketahanan dari pembusukan apalagi sudah dikemas dalam wadah yang kering dan hampa udara maka kurma ini memiliki ketahanan tidak mudah rusak dan busuk.

2. Susu Kering
Susu jenis ini memiliki ketahanan cukup lama dibanding dengan susu yang cair terlebih disimpan pada tempat yang kering dan dimasukkan ke-wadah yang kedap udara.

3. Jenis Kacang-Kacangan Yang Sudah Dikeringkan
Kacang ini seperti kacang tanah, isi kacang merah, Kedelai dan yang perlu diketahui adalah cara pengolahan-ya sebelum disimpan yaitu ambil jenis kacang yang sudah tua dengan kualitas baik lalu dikeringkan dan diambil bijinya setelah itu masukan langsung ke wadah yang kering dan kedap udara, misal bila mau memasak tinggal mengambil dan menutup rapat kembali.

4. Kecap
Kecap merupakan bumbu masakan yang terbuat dari kedelai hitam dan hal ini pastinya sudah diketahui secara umum bahwasanya kecap memiliki tingkat kerusakan jangka panjang, apa lagi dalam penyimpanan-ya dalam kulkas maka semakin lama untuk rusak.

5. Beras
Beras pastinya memiliki massa kerusakan yang lama dan hal yang sering menyerang adalah kutu beras, namun dalam penyimpanan beras ini dengan benar pastinya bisa terhindar dari kutu beras seperti cari wadah yang kering dan kedap udara setelah itu beri campuran daun pandan degan demikian maka kutu beras dan bau tengik tak akan datang.

6.  Rempah-Rempah
Rata-rata bahan rempah-rempah ini memiliki ketahanan yang cukup lama seperti laos, daun teh, temu lawak, jahe, kunir dan lain sebagainya, ketahuilah ada beberapa rempah-rempah yang berbentuk rimpang ini bila disimpan di tempat lembab ini di bisa muncul tunas baru dan hal ini juga membuat rempah-rempah ini bisa bertahan sangat lama.

7.  Cuka
bagi pendagang makanan seperti penjual bakso dan soto pastinya tahu akan cuka ini yang tentunya memiliki rasa kecut yang sering digunakan bumbu masakan tersebut. Cuka memang memiliki tingkat kerusakan yang lama terlebih tahu akan penyimpanan seperti terhindar dari sinar matahari langsung juga dalam suhu ruang yang tak berubah.

8.  Madu Alami
Madu alami tentunya memiliki perbedaan yang mencolok sama madu yang dijual secara bebas karena madu alami tanpa ada campuran pemanis yang tentunya memiliki ketahanan yang cukup lama dibanding dengan madu non alami apa lagi bila disimpan dalam wadah yang kedap udara.

9. Garam
Garam merupakan bahan makanan yang tak mudah rusak dan memiliki ketahanan yang cukup lama bisa bertahun-tahun, tergantung dari penyimpanan dan usahakan cari tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari, bila tidak bisa mencair garam ini.

10. Tepung
Tepung merupakan bahan makanan yang sering digunakan untuk bahan pembuatan kue dan tepung sendiri merupakan bahan dari ketela yang sudah ekstra sedemikian rupa dan ketahuilah bahwasanya tepung ini memiliki ketahanan yang cukup lama terutama tersimpan dalam wadah yang kering dan kedap udara.

11. Ubi
Ubi juga memiliki ketahanan yang cukup lama terlebih dalam penyimpanan-nya tak usah di cuci dengan air dan pilihlah ubi yang tak rusak sebelum menyimpannya dan hal ini bisa bertahan cukup lama.

12.  Bubuk Kopi
Kopi tentunya memiliki masa simpan yang lama apa lagi dalam penyimpanan-ya di wadah yang kering dan kedap udara hal ini selain bisa bertahan lama juga menjaga cita rasa kopi tersebut.
ARTIKEL TERKAIT