Cara Mudah Membedakan Telur Kualitas Bagus Dan Jelek

image : www.daily-sun.com

Telur memang memiliki banyak sekali manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh, cara menyajikan juga berbagai macam ada yang langsung di ceplok (mata sapi), ada yang diaduk dulu dengan berbagai bahan makanan seperti sawi, tomat dan bayam lalu disangrai, sebagai bahan pembuatan martabak dan kue dan tentunya masih banyak lagi.
 
Telur memang mudah kita temui di pasar atau di pedagang kaki lima bahkan di supermarket, telur yang mudah kita temukan adalah telur dari ayam petelur (ayam Lehor) sedangkan telur dari ayam kampung ini memang agak susah di jumpai karena telur ayam kampung tidak diproduksi secara massal dan proses terjadinya telur tidak sama dengan telur lehor karena telur kampung ini harus adanya proses bertemu-nya sel sperma dan sel telur secara alami, namun untuk telur lehor ini cukup dikasi vaksin dan makan yang sudah diproses atau setrat dan ayam lehor ini bisa bertelur dengan sendirinya.

Dalam mengkonsumsi telur sebaiknya juga harus pintar-pintar memilih karena bila kualitas telur yang benar-benar buruk juga tak baik untuk kesehatan maka dari itu jangan sembarangan membeli telur dan usahakan belilah telur yang masih utuh cangkang-ya jangan membeli yang sudah rusak karena kita tak tahu sudah berapa hari telur tersebut rusak cangkang-nya.

Didalam memilih telur yang berkualitas bagus dan jelek sebelum dimasak ini bisa anda lakukan cukup mudah hanya perlu menyiapkan alat gelas atau wadah yang dimana telur ini bisa masuk, air putih secukupnya dan senter.

Siapkan gelas atau wadah yang sudah terisi air putih hampir penuh dan masukan telur apa bila telur mengambang diatas air, tenggelam separuh di permukaan air dan dibawah air, tenggelam sepenuhnya bahkan dibawah permukaan air cukup jauh dan berikut penjelasannya:
-  Telur mengambang diatas permukaan air ini menandakan telur tersebut memiliki kualitas jelek dan jangan untuk dikonsumsi.
-  Telur tenggelam separuh di permukaan air dan dibawah air ini menandakan telur memiliki kualitas yang kurang baik namun masih bisa dikonsumsi dan segera dahulukan untuk di masak dan di konsumsi.
-  Telur tenggelam sepenuhnya bahkan dibawah permukaan air cukup jauh ini menandakan bahwa telur memiliki kualitas baik dan bisa disimpan lagi atau langsung dimasak.

Mengunakan alat senter atau cahaya yang terang dan cara ini cukup mudah yaitu dengan senter telur ini dari depan dan lihat dari belakang bila telur tersebut masih kelihatan jernih dan terang berarti telur dalam kondisi masih bagus dan sangat layak untuk dikonsumsi, namun bila warnanya buram dan keruh maka sebaiknya buang jangan dikonsumsi.

Cara terakhir ini cukup mudah yaitu cukup dengan indra pendengar yang dimana goyang-kan telur dekat telinga dan dengarkan bila tak ada suara berarti telur tersebut masih bagus untuk dikonsumsi, lain lagi bila telur terdengar bunyi berarti telur ini memiliki kualitas yang jelek alangkah baiknya jangan di konsumsi atau buang.
ARTIKEL TERKAIT