Cara Merawat Talenan Yang Tepat



image : linalid.com
TALENAN adalah alat bantu dapur yang kegunaanya untuk alas potong macam-macam  bahan makanan bisa dari sayur, daging, rempah-rempah dan lain-lain.Talenan  menurut kita tidak terlalu penting tapi sebenarnya sangat dibutuhkan di dapur umumnya talenan ada yang terbuat dari kayu yang keras dan bahan plastik yang keras dan tebal yang sering kita jumpai .kali ini kita akan membahas perawatan Talenan yang benar :


1.      Segera Bilas Talenan Dengan Air Mengalir Setelah Dipakai
Ini penting, sebab talenan yang dipakai untuk memotong sayur, daging, atau buah jika tidak segera di cuci, bakteri dan kuman berbahaya mudah berkembang.dan jangan lupa kita simpan di tempat yang bersih,sebelum di simpan sebaiknya kita keringkan dulu baru kita simpan di tempat yang kering dan bersih dan hindari dari tempat yang lembab di karenakan untuk menghindari jamur pada Talenan.

2.      Jangan Merendam Telenan
Biasanya kita sering merendam Talenan di tempat cuci peralatan dapur  yang bercampur berbagai macam peralatan dapur seperti sendok,pring,mangkok dan lain-lain ini menyebabkan Talenan terkontaminasi bakteri  sehinga Talenan terkena jamur dan lumutan.
Hal ini untuk menghindari benda lain agar terkontaminasi kuman dan bakteri berbahaya.

3.      Untuk Menghilangkoan Noda Bisa Menggunakan Garam Kasar
Tabur garam secukupnya dan gosokkan pada talenan dan diamkan beberapa saat dan  bersihkan Talenan dengan air bersih bila masih ada noda ulangi sekali lagi.

4.      Menggunnakan Soda Kue
Tabur soda kue secukupnya dan gosokkan pada talenan dan diamkan beberapa saat dan  bersihkan Talenan dengan air bersih bila masih ada noda ulangi sekali lagi.

5.      Menggunakan Asam Cuka
Cuka berfungsi sebagai desinfektan yang baik. Rendam telenan dalam air yang sudah dicampurkan asam cuka. Bisa juga dibasuh menggunakan asam cuka. Biarkan semalaman, baru bilas dengan air sampai bersih

6.      Gunakan Perasasn Jeruk Nipis Atau Jeruk Lemon
Jika talenan tercium aroma yang kurang sedap, bisa memberi perasan jeruk nipis atau bisa juga jeruk lemon.caranya peras jeruk nipis atau jeruk lemon ke Talenan diamkan beberapa saat dan bilas dengan air dan Talenan akan kembali fresh.


ARTIKEL TERKAIT