10 Tanaman Tradisional Yang Bermanfaat Untuk Batuk Berdahak



image : cara-wanita.com
  1.       Bawang Putih
          Saat gejala batuk menyerang, alangkah baiknya jika kita mengkonsumsi bawang putih sebagai pencegahan. Bawang putih bersifat anti inflamasi dan anti bakteri. Saat awal gejala batuk segera makan beberapa siung bawang putih tapi lebih dulu di cuci dengan air bersih,berguna untuk menekan pertumbuhan virus dan bakteri sebelum keadaan tubuh mulai parah.

2.       Minum Perasan Air Jeruk Nipis
        Jeruk nipis memang cara tradisional yang sudah dilakukan dari dulu bahkan sampai  sekarang. Jeruk nipis kaya akan Vitamin C dan sebagai anti oksidan yang baik. Selain untuk mengencerkan dahak, juga membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh.Caranya yaitu ambil jeruk nipis dan belah jadi dua lalu  jeruk nipis diperas sampai keluar air dari jeruk nipis bisa diulangi beberapa kali sampai jeruk nipis tidak mengluarkan air lagi lalu minum air perasan jeruk nipis. Biasanya 1-2 sendok makan sehari. Bila tidak tahan dengan rasa asamnya, bisa ditambah kecap atau madu.

3.       Bawang Merah
       Saat kita mengiris bawang merah, butiran sulfur yang terlepas dapat menjadi obat yang mujarab untuk mengobati batuk.Caranya yaitu rebus air, tambahkan irisan bawang merah. Bisa juga bawang merah diparut terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan ke dalam rebusan air, minum saat hangat. Ramuan ini bisa ditambahkan madu untuk menambah manfaatnya.

4.       Kencur
         Caranya yaitu ambil kencur, kemudian cuci bersih. Lalau diparut dan diperas. Tambahkan garam secukupnya kedalam air perassan kencur tadi. Diminum sebelum tidur dan setelah sarapan. Penggunaan kencur ini saat batuk masih belum terlalu parah atau pada saat awal gejala batuk.

5.       Kunyit
      Kunyit mempunyai sifat anti bakteri. Kunyit juga dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan.Kunyit dicuci terlebih dahulu, baru kemudian diparut, dan diminum langsung. Kunyit bisa juga diiris, kemudian direbus dan diminum air rebusan kunyit tadi.

6.       Jahe
   Jahe mampu membuat badan menjadi hangat dan dapat mengobati batuk dan mengencerkan dahak dengan cepat.Caranya bisa dengan membakar jahe kemudian dikunyah, bisa juga jahe ini dibikin sari jahe hangat yakni ambil jahe, lalu diiris-iris ditambah kencur. Kemudian direbus, dan diminum airnya.

7.       Kemangi
       Selain sebagai lalapan, kemangi ampuh menghilangkan infeksi dan membunuh kuman, melegakan saluran pernafasan, dan dada sesak karena batuk berdahak.Caranya yakni dengan memakan 3-4 helai daun kemangi dan dimakan langsung. Selain itu daun kemangi juga bisa direbus dan diminum airnya selagi panas.

8.       Daun Sirih
      Daun sirih terkenal akan manfaatnya sebagia antiseptic yang alami. Daun sirih dapat berungsi melawan dan mengurangi bakteri pada saluran pernafasan dan pada tenggorokan. Caranya yakni ambil daun sirih secukupnya, cuci bersih lalu kemudian bisa dikunyah langsung.Bisa juga direbus dan minum air rebusan tadi.

9.       Asam Jawa
        Asam jawa dapat berfungsi sebagai pengencer dahak yang cepat dan juga mengurasi rasa gatal pada tenggorokan. Penggunaan asam jawa ini juga sangat sederhana.Caranya yaitu campurkan asam jawa, kencur dan garam. Setelah dicampur, rebus sampai mendidih. Minum saat masih hangat, bisa diminum 2-3 kali sehari.

10.   Teh Hitam
        Seduh teh hitam dengan air panas. Teh hitam ini sangat baik untuk dada yang sesak dan batuk. Kandungan asam tanat pada teh hitam sangat baik untuk meredakan peradangan. Untuk menambah khasiat dari teh hitam ini bisa menambahkan madu dan perasan jeruk lemon.

ARTIKEL TERKAIT