Cara Mengatsi Kaki Kasar Atau Tumit Pecah - Pecah Secara Alami

image : carakhasiatmanfaat.com

1.Menggunakan Minyak Sayur

Minyak sayur yang digunakan disini bukan minyak buat menggoreng yang biasanya. Minyak sayur ini semisal minyak wijen, minyak kelapa. Diyakini memiliki kandungan Vitamin E yang cukup tinggi, yang dapat membantu menghaluskan kulit. Sebelum tidur, rendam kaki lalu gosokkan batu apung secara perlahan. Kemudian oleskan minyak sayur, setelah itu bisa memakai kaos kaki untuk memperoleh khasiat yang maksimal.


2.Menggunakan Madu

Madu memiliki enzim alami yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan sekaligus sebagai pengikat kelembaban alami kulit. Caranya yakni siapkan baskom berisi air hangat. Lalu tambahkan madu sebanyak satu cangkir. Rendam kaki selama lebih kurang 15 menit. Lakukan perendaman lebih lama jika kaki dalam kondisi yang teramat parah. Sirkulasi udara yang buruk adalah salah satu penyebab kaki kering dan kasar.


3.Menggunakan Lemon

Kandungan zat asam pada lemon sangat efektif untuk melembutkan kulit yang kasar dan pecah-pecah. Caranya bersihkan kaki terlebih dahulu. Rendam kaki dengan air hangat dengan perasan jeruk lemon. Sebaiknya jangan menggunakan air yang telalu panas, untuk mengindari resiko bertambah parahnya kaki yang kering dan kasar. Lakukan perendaman selama 15 menit. Sambil merendam kaki sebaiknya dipijit agar lebih nyaman.


4.Menggunakan Pisang

Buah pisang sangat mudah untuk didapatkan. Buah ini biasanya ditanam di pekarangan belakang ruamah. Buah pisang  diyakini mampu mengatasi kaki yang kasar dan pecah-pecah. Buah pisang yang dipakai yakni buah pisang ambon. Caranya ambil buah pisang yang sudah matang, kemudian hancurkan atau bisa diblender. Cuci kaki terlebih dahulu, setelah itu oleskan pada kaki yang kasar. Diamkan lebih kurang selama 15 menit. Gunakan secara rutin selama 2 kali seminggu.


5.Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang cara yang alami untuk menghalusakan kaki yang kasar. Caranya balurkan minyak zaitun pada kaki menggunakan kapas, sambil dipijat selama 15 menit. Kemudian bisa memakai kaus kaki untuk lebih memaksimalkan kinerja minyak zaitun. Cuci kaki setelah satu jam.


6.Menggunakan Air Garam

Selain menenangkan merendam kaki dengan air hangat juga dapat mengatasi kaki yang pecah-pecah. Caranya sangat sederhana, yakni kita tinggal merendam kaki pada baskom atau ember yang berisi air hangat dan ditambahkan garam. Merendam kaki bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit kaki yang pecah-pecah. Kita juga bisa menggosok dengan batu apung secara perlahan.


7.Buah Pepaya

Buah pepaya ini sudah dikenal seabagai buah yang bermanfaat untuk kecantikan. Buah pepaya mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang berfungsi melembutkan kulit. Penggunaan pepaya untuk kaki yang kering dan pecah-pecah yaitu, ambil buah pepaya yang matang dan masih segar. Bisa juga buah pepaya disimpan dalam kulkas sebelumnya. Kemudian lumatkan buah pepaya dengan blender atau  bisa juga dengan tangan. Setelah benar-benar halus, oleskan secara merata ke telapak kaki, bisa sambil dipijat. Setelah itu diamkan sekitar 20 menit, baru kemudian dicuci. Penggunaan pepaya ini juga bisa ditambahkan dengan susu cair untuk kesehatan, karena susu juga mampu melembutkan kulit.


ARTIKEL TERKAIT