Manfaat Garam Bagi Kesehatan Kita Sehari - Hari



image : manfaat.co.id
           Garam merupakan benda yang sangat penting dan dibutuhkan bagi manusia terutama di dapur. Bayangkan jika kita memasak tanpa diberi garam. Bisa bayangkan bagaimana rasa masakannya? Yang jelas akan terasa hambar dan mengakibatkan kurang selera untuk menyantapnya. Selain untuk memasak, ternyata garam juga mempunyai manfaat lain yang sangat berguna pada kehidupan sehari-hari.Beberapa manfaat garam selain untuk memasak yaitu :



1.      Menghilangkan Bau Amis

Saat memasak ikan atau daging, hal yang paling dibenci biasanya ialah bau amis yang menempel kuat pada tangan. Sudah memakai berbagai sabun pembersih, tapi aroma amis tidak juga hilang. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan garam.Caranya dengan mengambil garam secukupnya. Lalu gosok-gosokan pada tangan sampai bau amis hilang, lalu cuci tanggan dengan air bersih bila tetap bau ulanggi sekali lagi.



2.      Mendeteksi Kesegaran Telur

Kali ini masih seputar dapur, berkaitan dengan telur. Bagi orang awam tentunya agak sulit untuk membedakan telur yang masih segar dengan telur yang sudah tak layak konsumsi tanpa harus memecahkan cangkangnya. Kita dapat mendeteksi kesegaran telur dengan garam.Caranya dengan menambahkan 2 sendok garam ke dalam 1 gelas air. Telur yang masih baik dan segar akan tenggelam, Dan telur yang busuk dan tidak dapat digunakan lagi akan terapung.



3.      Menghilangkan Kutu Air

Bagi yang memiliki penyakit kutu air (dalam bahasa jawa : rangen) tak perlu cemas dan khawatir, gunakan garam untuk membuat kaki terbebas dari kutu air.Caranya ambil garam secukupnya dan ambil air hangat atau dingin , lalu masukkan ke dalam satu baskom aduk dengan sendok setelah garam menyatu dengan air baru rendam kaki yang terkena kutu air. Rendam kaki selama lebih kurang 4 jam.Rasakan manfaatnya setelah dua hari.



4.      Membersihkan Karpet

Jika karpet kesayangan anda terkena noda, tidak perlu bingung untuk menghilangkannya. Gunakan garam untuk menghilangkan noda pada karpet.

Caranya yaitu cukup taburkan garam ke permukaan karpet yang ingin dibersihkan, kemudian lap atau gosok menggunakan kain yang basah atau bisa menggunakan kanebo. Setelah dirasa cukup, karpet bisa dilap menggunakan kain lap kering atau handuk kering.



5.      Menghilangkan Komedo

Caranya yakni pembersih wajah ditambahkan garam satu sendok teh dengan Baking Soda/soda kue. Setelah itu, campurkan hingga merata. Setelah rata, oleskan pada wajah atau area yang bayak komedonya. Diamkan selama lebih kurang 5-10 menit. Baru kemudian dibilas dengan air bersih.Penambahan garam dan baking soda pada pembersih wajah, berfungsi untuk melonggarkan komedo pada kulit, sehingga komedo dengan mudah bisa terangkat.



6.      Mengatasi jerawat

Jerawat menjadi salah satu masalah yang mengganggu penampilan. Sehingga membuat seseorang menjadi tidak atau kurang percaya diri jika timbul jerawat pada mukanya. Untuk mengatasi jerawat ini bisa menggunakan garam.Caranya yaitu, ambil segelas air hangat kemudian masukkan garam ke dalam segelas air hangat tadi  hingga terasa sangat asin. Setelah itu gunakan kapas untuk mengoleskan larutan garam ke muka, sambil dipijat beberapa menit. Ulangi sampai larutan garam tadi menjadi dingin di wajah kita yang terkena jerawat, setelah itu cuci dengan air bersih.



7.      Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Jika sakit pada tenggorokan atau bisa disebut radang tenggorokan, bisa menggunakan garam sebagai obat kumur. Memang di luar sana banyak beredar obat kumur yang beraneka ragam. Tapi penggunaan garam ini bisa dikatakan lebih sehat dan aman bagi tubuh karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya, disamping itu juga dapat membunuh kuman dan bakteri yang bersarang dalam mulut. Garam juga dapat mengurangi influenza.Caranya cukup mudah, cukup tambahkan 2 sendok garam kedalam segelas air dan buat kumur selama 1,5 menit lalu buang air tersebut.
ARTIKEL TERKAIT