Tips Untuk Mengatsi Penyakit Flu Atau Pilek Secara Alami




image : konsultasisehat.com
Saat cuaca ekstrim atau masa peralihan seperti sekarang ini, penyakit yang sangat umum dialami masyarakat ialah penyakit influenza atau bisa disebut dengan flu. Penyebab penyakit flu ini yang paling sering ialah oleh virus. Sementara itu,  virus flu ini bisa sembuh dengan alami pada hari ke lima sampai hari ke tujuh. Secara umum, menyembuhkan flu ini dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, yakni bisa dengan cara dibawah ini:


1.      Olah Raga Secara Rutin

Sebelum terserang penyakit alangkah baiknya jika kita selau menjaga ketahanan dan kesehatan tubuh, salah satunya bisa dengan cara berolah raga secara teratur. Bagaimanapun juga mencegah penyakit adalah jauh lebih baik daripada mengobati.



2.      Istirahat Yang Cukup

Saat kita terserang penyakit, kondisi tubuh akan menurun sehingga akan berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari. dengan cukup istirahat saat sakit, tubuh tidak akan mengeluarkan banyak tenaga untuk beraktivitas. Hal ini dapat membuat tubuh yang terserang penyakit akan lebih cepat sembuh.



3.      Mengkonsumsi Sup Ayam Hangat

Salah satu meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yaitu dengan mengkonsumsi sup ayam hangat. Kalaupun tidak ada bisa diganti dengan sup hangat yang lainnya. Mengkonsumsi sup hangat selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, juga dapat menghangatkan tubuh. Kaldu dari sup ayam ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.



4.      Mengkonsumsi Lemon Dan Madu

Mengkonsumsi lemon dan madu merupakan cara yang alami dan ampuh untuk menangkal virus dan bakteri yang bersarang dalam tubuh kita. Selain itu, kandungan dalam lemon dan madu juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Mengkonsumsi lemon dan madu dengan cara menyeduh dengena air hangat. Mengkonsumsi lemon dan madu ini bisa dilakukan rutin selama 3 kali sehari.



5.      Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat mengencerkan dahak dan dapat membuka saluran pernafasan yang tersumbat karena flu. Caranya tinggal menambah garam pada segelas air hangat. Berkumur dengan air garam dapat dilakukan pada saat malam hari sebelum tidur dan bisa juga pada pagi hari sesudah bangun tidur.



6.      Rutin Konsumsi Air Putih Dan Nurtisi Yang Cukup

Keadaan tubuh saat sakit pasti kekurangan cairan. Oleh sebab itu, rutin mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan karena keadaan tubuh saat sakit mengalami dehidrasi.

Selain itu kita perlu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi terutama yang mengandung Vitamin C. Vitamin C dapat  memperkuat sistem kekebalan tubuh.



7.      Berjemur Di Sinar Matahari

Saat terserang flu, penderita cenderung merasa dingin. Selain mengkonsumsi sup hangat, bisa juga berjemur di sinar matahari. Sinar matahari, dapat mempercepat pro vitamin D dalam tubuh menjadi vitamin D. selain itu sinar matahari juga dapat membuat suhu tubuh menjadi hangat. Waktu yang baik adalah antara jam 6-10 pagi.



8.      Mandi Air Hangat

Kondisi tubuh kita yang terkena penyakit flu juga perlu dijaga kebersihannya. Saat membersihkan badan, dianjurkan untuk mandi dengan air hangat karena tubuh kita waktu terkena penyakit flu itu  mandi dengan air dingin di kwatirkan akan menambah penyakit flu kita jadi tambah parah.
ARTIKEL TERKAIT