Ingin Sukses Wawancara Kerja ? Hindari 10 Perkataan ini


image : www.best-job-interview.com
Dalam melamar pekerjaan umumnya melewati beberapa tahap mulai dari membuat surat lamaran, ujian tulis, wawancara dan kelengkapan surat menyurat dan hal ini harus bisa dilalui dengan bertahap-tahap. Kebanyakan yang membuat kita kurang percaya diri di saat tes wawancara dan hal ini untuk bahan wawancara sangat luas juga pewawancara ini bebas untuk bertanya bisa terkait pekerjaan, hal pribadi, politik, berita dan lain sebagainya. untuk diketahui supaya tes wawancara kerja bisa berhasil atau lolos maka hindari hal berikut ini:

1.Jangan Pamer Pekerjaan Yang Sudah Anda Alami
Dalam wawancara melamar pekerjaan jangan suka pamer seperti saya pernah begitu dan begini dalam perusahaan yang pernah anda geluti karena hal ini pastinya membuat pewawancara merasa kesal dan mungkin mengantuk, lebih baik ceritakan dari awal dan singkat maka pewawancara bisa menyimpulkan sendiri, dengan begitu pewawancara bisa lebih menerima dan memahami kamu atau bisa dengan melihat CV anda.

2. Jangan Pernah Bilang  “Bisa Dan Cocok”
Dalam wawancara kerja meyakinkan pewawancara boleh saja namun jangan menghakimi diri sendiri bahwasanya anda bisa dan cocok dalam perusahaan yang anda lamar, lebih baik serahkan semua pada pewawancara atau bisa dalam kalimat yang halus seperti “saya mengharapkan pertemuan berikutnya”.

3. Jangan Pernah Menjelekkan Perusahaan Yang Pernah Anda Bekerja
Jangan curhat masalah perusahaan yang pernah anda bekerja perihal keburukan karena pewawancara akan mengambil kesimpulan yang buruk pada anda lebih baiknya anda diam bila tak ditanya dan bila ditanya katakan dengan singkat dan jangan mengundang pertanyaan kedua.

4. Jangan Pernah Bilang Sebagai Pekerjaan Sampingan
Bila saat wawancara kerja kamu bilang sebagai kerja sampingan, maka jangan harap kamu akan diterima karena mereka berharap merekrut pegawai untuk jangka panjang dan bisa fokus dalam kinerja buka sebagai kerja tambahan yang pastinya dalam melakukan pekerjaan pastinya tidak maksimal.

5. Jangan Pernah Bilang “Saya Tidak Bisa”
Ungkapan “saya tidak bisa” mungkin maksud hati untuk rendah hati dan jujur namun perkataan itu menujukan bahwasanya anda kurang profesional lebih baik ubah kalimat dengan bilang ”saya memang kurang berpengalaman dibidang tersebut namun saya siap dan suka dengan tantangan baru”.

6. Jangan Pernah Bertanya Dengan Pewawancara
Jangan sekali-kali bertanya ke pada pewawancara karena hal tersebut kurang etis dan sopan, namun bila anda diberi waktu untuk bertanya sebaiknya bertanya yang positif termasuk dengan karier kedepan-ya dan jangan menanyakan hal pribadi.

7. Tidak Mengetahui Seluk Beluk Perusahaan
Memang sebagai pewawancara kadang menanyakan hal-hal sederhana kemungkinan besar lingkup perusahaan, jadi kamu harus memahami perusahaan tersebut bergerak dibidang apa, direkturnya siapa, kapan didirikan juga sejarahnya maka dari itu kamu harus tahu diluar kepala karena sangat ironis bila kamu ditanya perihal perusahaan tersebut kamu tidak tahu sama sekali tentang perusahaan tersebut.

8. Apa Yang Bisa Diberikan Perusahaan Ke Saya (Tunjangan)
Memang dalam melamar pekerjaan tunjangan sangat ingin diketahui olah pelamar namun alangkah baiknya dalam wawancara kerja sebaiknya jangan ditanyakan ke pewawancara karena hal ini akan menunjukan bahwasanya anda terlalu menuntut hak namun tak memikirkan kewajiban (prestasi yang bisa diberikan ke perusahaan) dan hal akan membuat pewawancara kerja berfikir 2 kali untuk memasukkan anda dalam daftar pegawai.

9. Terlalu To The Point Bahwasanya Anda Sangat Membutuhkan Pekerjaan
Memang setiap pelamar pastinya mengharapkan di terima dalam melamar pekerjaan dan saat wawancara kerja terlalu to the point seperti saya membutuhkan pekerjaan ini sehingga saya tidak dikatakan pengangguran, saya membutuhkan pekerjaan ini karena saya membutuhkan uang memang sih hal ini kelihatan baik namun di sisi pewawancara menunjukan bahwasanya anda bekerja di perusahaan ini tidak karena ingin memajukan perusahaan namun ada maksud tersendiri yang terselubung yang pastinya melakukan pekerjaan tersebut tidak maksimal alhasil anda akan bekerja di bawah standar kemampuan.

10. Hindari Memuji tim pewawancara
Sangat penting untuk menjaga kesopanan saat wawancara kerja namun di saat wawancara kerja sebaiknya fokus dengan apa yang di bicarakan jangan terlalu over akting seperti halnya memuji pewawancara seperti kemeja bapak bagus, bapak kelihatan fresh, kita sepertinya pernah bertemu ya ? pembicaraan ini memang seperti membuat kedekatan atau akrab namun yang perlu diketahui hal ini kelihatan kurang sopan atau kelihatan nakal.
ARTIKEL TERKAIT