9 Cara Ampuh Agar tidak tertular Virus Corona / Korona Covid – 19



Virus Corona atau Virus Korona merupakan sekumpulan virus dari subfamili orthocoronavirine dan ordo nidovirales, kelompok virus ini dapat menyerang pada burung dan mamalia juga manusia umumnya yang di serang bagian sistem pernafasan.

Pandemi virus corona covid – 19 sekarang meraja lela juga sudah menelan ribuan nyawa di seluruh dunia dan paling menakutkan belum ada obat yang ampuh menangani virus corona ini maka dari itu untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari virus corona covid – 19 mulai diri sendiri dan untuk orang di sekitar khususnya keluarga lakukan hal berikut ini:  

   1.    Hindari Keluar Rumah
Isolasi diri merupakan hal yang sangat baik untuk mencegah tertular  virus Corona Covid – 19 karena selama ini obat yang positif bisa mengobati belum di temukan. Memang sih membuat tidak nyaman karena dengan begitu bisa memutus mata rantai virus Corono Covid – 19 ini. Untuk menghindari kebosanan bisa bercengkerama dengan keluarga luangkan momen ini saling menjaga. bila terpaksa ada keperluan untuk keluar lakukan prosedur yang ada dan dianjurkan oleh dinas kesehatan atau terkait.
 
   2.   Cuci Tangan Yang Benar
Mencuci tangan sebaiknya yang tepat dan merata biar kuman dan bakteri bisa hilang dari tangan mulai dari kuku, punggung tangan, celah-celah jari, pergelangan tangan lakukan menggosok bagian tersebut berulang 3 kali dengan demikian kuman dan bakteri tak menyangkut ditangan.

Memang untuk  mencegah virus Corana Covid – 19 sangat dianjurkan untuk melakukan cuci tangan dengan mengunakan air dan sabun yang ada anti-bakteri lakukan mencuci tangan sesering mungkin terutama setelah  keluar dari rumah atau bisa mengunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol diatas 60%.
   
   3.   Memakai Masker
Pemakaian masker memang dianjurkan untuk menangkal penularan virus Corona Covid – 19, jenis masker yang di anjurkan masker N95 yang di desain khusus untuk menyaring partikel di udara. Namun bila tak ada bisa memakai masker apa adanya guna buat menangkal virus Corona Covid – 19 ini.

Dalam memakai masker juga harus tata caranya seperti jangan menyentuh bagian depan dan setelah melepas masker sebaiknya cuci tangan dulu dengan hand sanitizer atau sabun yang ada antiseptik.

        4.    Sterilisasi Lingkungan
Jaga kebersihan lingkungan diawali dari diri sendiri dan rumah sendiri dengan cara setelah pergi keluar dari rumah sebaiknya pakaian langsung direndam dengan air yang sudah di kasih diterjen dan mandi juga keramas. Sediakan hand sanitizer atau sabun cuci tangan dan air di depan rumah supaya orang yang bertamu bisa membersihkan tangan.

    5.    Stop Keramaian Publik Apapun Bentuknya
Sangat riskan untuk terkena virus Corona atau Covid – 19 bila mendatangi keramaian apalagi di situ banyak orang luar daerah yang berdatangan seperti menghadiri konser musik, ke tempat wisata, menaiki transportasi umum , menghadiri kondangan, dan lain-lain yang jelas untuk untuk terhindar dari virus Corona Covid – 19 sebaiknya di rumah saja dan hindari tempat keramaian demi diri sendiri dan keluarga yang ada dirumah.

    6.    Pantau Informasi Terkait Virus Corona Covid – 19
Sangat penting untuk mengetahui perkembangan informasi virus Corona terutama untuk lingkup daerah kamu sendiri agar kamu lebih tau status daerah kamu khususnya orang di sekitar kamu, bisa melalui jejaring sosial dan media online yang dipercaya.

Selain itu kamu bisa update informasi tentang virus Corona agar lebih tau seperti Social Distancing artinya pembatasan sosial, Lockdown artinya Karantina Daerah, perbatasan pergerakan penduduk dalam satu wilayah atau daerah meliputi menutup jalur akses keluar masuk penghubung daerah dengan daerah lain,ODR artinya orang dalam resiko terkena virus Corona terutama tim medis dan orang yang kontak langsung dengan orang yang positif terkena virus Corona, PDP artinya Pasien dalam Pengawasan, ODP artinya Orang Dalam Pemantauan, APD Artinya Alat Pelindung Diri bisa masker, Pelindung tangan dan lain sebagai terkait untuk melindungi diri dari virus Corona Covid – 19, Physical distancing artinya menjaga jarak fisik , tidak melakukan kontak fisik, Suspect  artinya istilah yang diberikan kepada orang diduga kuat terkena virus Corona Covid – 19.         

    7.    Perkuat Kekebalan Tubuh
Virus corona Covid – 19 memang bila sudah masuk  tubuh dan yang berperang melawan virus corona Covid – 19 adalah kekebalan tubuh maka dari itu per-kuat kekebalan tubuh dengan makanan yang sehat dan bergizi, tidur yang cukup juga  olah raga yang rutin hindari pola hidup yang  tak sehat.

    8.    Periksakan Segera Bila Kontak Langsung Korban Covid – 19
Kejujuran merupakan hal yang diutamakan dalam memutus rantai penularan virus Corona Covid – 19, dengan kejujuran tiap masyarakat maka rantai penularan ini bisa di hentikan bila mana kita merasa ada gejala yang mengarah ke virus Corona maka segera periksa-kan diri ke rumah sakit atau pihak terkait, bila ada warga di sekitar yang mencurigakan terkena virus Corona maka laporkan pada perangkat desa setempat seperti baru pulang dari daerah yang terjangkit virus tersebut atau zona yang ter-papar virus Corona.
  
    9.    Hindari Kontak Langsung Dengan Hewan Yang Berpotensi Virus Corona Covid – 19
Penyakit virus Corona pada umumnya terdapat pada burung dan hewan mamalia dan bisa hingga ke manusia yang menyerang sistem pernafasan dan penyebaran dari manusia ke manusia bisa melalui percikan saat dahak, batuk dan bersih, juga hindari hewan-hewan yang memungkinkan memiliki virus tersebut.
ARTIKEL TERKAIT